[TUT] Melegakan Memory Internal Device Android Menggunakan “Link2SD”


Yes… Hore! Target minimal TEST ISEST AMIKOM dapat tercapai. Yuhuuuiii… Tambah semangat aja nih buat berbagi tutorial berikut.

Overview

Seperti kita ketahui bahwa device Android kini semakin banyak disenangi. Sehingga banyak vendor yang mengeluarkan device Android dengan harga yang terjangkau dan spesifikasi hardware yang cukup “nyebai”. Salah satu hardware yang membuat kurang nyaman, yaitu memory internal yang kecil. Sedangkan kita tahu bahwa aplikasi Android yang ada di Play Store (Market) ada banyak sekali dan cukup menarik untuk dicoba. #Lha kalo memori internalnya gede sih ndak masalah, misal 1GB. Lah kalo cuma 180MB??? baru install 30 aplikasi, dah teriak2 Androidnya.

So, buat pemilik device Android yang memori internalnya kecil (misal, Galmin, Galyong, dll.) bisa menggunakan aplikasi Link2SD ini.

Persyaratan / Requirements

- SD Card

- Root Device. #Kalo belum di root, harus di root dulu ya.

Cara Instalasi Link2SD

1. SD Card di partisi menjadi 2, Partisi 1 untuk media penyimpanan dengan type FAT32 dan Partisi 2 untuk menyimpan hasil Link yang dilakukan aplikasi Link2SD dengan type FAT32. Tutorial Partisi SD Card: klik INI.

#Pada langkah ke 10, atur seperti ini:

2. Install aplikasi Link2SD dari Play Store (Market).

Konfigurasi Setelah Install Link2SD

1. Buka app Link2SD

2. Pilih type FAT32/FAT16, lalu pilih OK.

3. Akan muncul permission dari app Superuser, pilih Allow.

4. Klik OK, matikan HH dan hidupkan kembali (restart).

5. Buka app Link2SD lagi, maka akan muncul informasi tentang versi Link2SD. Klik OK.

Cara membuat Link

1. Buka App Link2SD.

2. Pilih aplikasi yang akan dibuat link, sebagai contoh app Battery Calibrator. Lalu pilih Membuat Link atau Create Link.

3. Tunggu sampai selesai, Lalu klik OK.

  

.

~ DONE ~

Say Good Bye to Low Memory Internal Space!

Source:

http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=919326

About these ads

166 gagasan untuk “[TUT] Melegakan Memory Internal Device Android Menggunakan “Link2SD”

  1. Ping-balik: [CUSTOM ROM] [GT-S5570] Razr UI v6 Mini for Galaxy Mini « Orie1212's Blog.

    • FAT32? Soalnya aman dan pasti work baik di Stock ROM maupun Custom ROM. Kalo pake EXT2, EXT3 atau EXT4 hanya bisa dipake di Custom ROM yang kernelnya support SD EXT.

  2. Gan…mohon pencerahan..
    Kmrn mini ane udh sukses pake link2sd, trus waktu ane coba pake Swapper 2 utk nambah RAM, koq link2sd ane jd berantakan, partisi ke2 SD card jd ga kebaca lg, pdhl ada aplikasi system disitu,skrg klo buka link2sd minta partisi apa yg dipilih, ane ketik oke koq keluar “memasang script salah”, tlg dibantu gan..udh puyeng kutak kutik…thanks berat…

    • Sebenarnya kalo mau nambah RAM itu gak bisa dilakukan. Coz, RAM itu hardware (kyk RAM komputer, kalo pengen 4GB, ya hrs beli RAM dgn kapasitas 4GB).
      Kalopun pake RAM virtual, itu butuh space lagi dari SDCard. Jadi SDcardnya dipartisi jadi 3. 1 sbg media simpan, 2 sbg extend memori internal, 3 sbg ramswap. Tapi perlu diingat, kinerja sdcard jadi semakin turun dan cepet rusak. Karena semua partisi tersebut hampir berjalan berbarengan (3 pekerjaan dl waktu yg sama).
      Solusi dr yg agan alamin: di flash ulang aja HH nya dan format ulang partisi sdcard yg kedua biar bersih.

    • thank bgt agan atas responnya..
      maksudnya flash ulang itu factory reset atau hard reset? ?, Trus klo format ulang partisi ke 2 caranya gmn? ane ngertinya format total..takut salah…trus aplikasi system yg ada di partisi 2 yg g bs kebaca skrg bs diselamatkan ga? soalnya isinya bawaan google kyk gmail,gtalk,gmaps,play google….help me lg ya gan..thanks..

    • Thanks atas petunjuknya…jgn bosen ya ane nanya terus…kalau flash ulang pake samsung Kies boleh ga?dulu ane waktu upgrade dr froyo ke gingerbread pk samsung kies….trus klo yg format partisi sd card ke 2..file system diisi FAT32 atau EXT2?? soalnya yg unmount kemarin yg buat aplikasi(EXT2)…ane tunggu bantuannya gan, biar bisa cepet ane eksekusi….thanks..

    • di tutorial di atas (poin 10) kan sdh jls petunjuknya, pake format FAT32 gan…

      Flash ulang pake samsung kies, sy blm pernah coba. Setau sy, samsung kies untuk upgrade. Kalo buat flash ulang, g yakin kalo brhasil.

  3. mw tanya om..
    kn udah pke rom razerUI v6..
    memori internalny jd kemakan bnyak sma aplikasi2 dr rom itu..
    nha trus mw pke link2sd..kn dipartisi dlu..
    trus tak partisi pke CWM..256MB..
    link2sd.nya udah bisa bwt nge.link..
    tp mslhnya..tetep low memory klo install app baru..memory internalnya tinggal belasan MB..
    perasaan dlu pke ROM emanon trus pke s2e gk ada mslh low memory..
    gmna solusinya om?

    • Berarti app2 yg terinstall g bisa ke Link semua. Ane pernah coba install byk aplikasi pake Link2SD ini, emang nantinya pasti bakal penuh juga memori internalnya. Coz, g semuanya bisa dipindahin ke partisi EXT. Beda ama emanon yg pake S2E, semua app yg terinstall bisa kepindah semua ke partisi EXT nya.

    • page yg mana gan…?
      Kalo Link2SD g perlu install2 script… coba sesuai tutor di atas, pasti work kok..
      dah ane test di stock rom and custom rom..

  4. sblum reset bisa gan tapi app fc melulu
    tuk memindahkan app ke external pake apa gan..
    galmin ane icustom dxkpd..

    • kurang sajen kali gan.. haha… #becandaOm..
      Coba pastikan:
      1. HH sudah di root.
      2. partisi sdcard sudah benar, partisi 1 dan 2 pake type FAT32.
      3. Install app Link2SD dari Playstore.

      Terus untuk mindahin app yg terinstall dari memori internal ke SD Card pake cara diatas, dengan membuat link atau Create Link.

  5. Waktu q coba, partisi 1 sama partisi 2 di format ke FAT32 kok malah script gagal yaa,.. tapi klo partisi ke 2 saya pake ext2 bisa di link,.. cuma baru mindah 3 aplikasi habis itu mau install app lagi kok memori penuh,.. mohon bantuannya gan,..

    • berarti ada problem dari kernelnya. Coz, dari pembuat aplikasi link2sd bilang untuk format sdcard FAT32 dan FAT32 dapat dijalankan di hampir semua Stock ROM atau Custom ROM. Sedangkan jika partisi 1 FAT32 dan partisi 2 mnggunakan type Extended (EXT), hanya bisa digunakan di Custom ROM dengan syarat: bersih dari script extend memori internal lainnya (tidak ada script a2sd, s2e, amarulz, ungaze atau yg lainnya).

      Btw: mampir ke web baru ane juga ya…
      Skg lebih sering update di sana.. :D

    • Yang failed di pindah aplikasi apa..? Coz, kalo file system ada yang g bisa dipindah. Nantinya kalo dipindahkan ke SD card, sewaktu Galmin terkoneksi ke komputer, system Androidnya jd error.

  6. udah bisa nih! :D tapi waktu create link knp memori internalnya jadi nambah ya? jadi malah lebih baik move to sd card aja. itu kenapa ya?

    • harusnya berkurang dong…
      Di galminku, memori internal sebelum pake Link2SD: 140MB.
      Setelah create link pake Link2SD, bisa turun jadi 80MB.

      Kalo make move2sd, ada beberapa aplikasi yang g bisa dipindah. Dan yang dipindah cuma Dalvik cache nya, beda sama link2sd, selain dalvik cache yang lainya juga bisa dipindahin. So, lebih powerfull dibanding move2sd.

  7. gan, ane belum di root tapi kok bisa download trus bisa install yah? tapi belum coba di link sih karna takutnya ga bisa?

  8. gan… ane u dah coba tapi pas aplikasinya di pindahin ke partisipasi… data aplikasi jadi tambah gede…. trus kebaca di memory internal… kayaky malah menuhin memory internal… padahal aplikasinya ada di partisipasi, tapi masih kebaca di memory internal.. … tolong pencerahannya

    • hmm.. kalo data aplikasi dipindahin memori internalnya yang tambah gede. Berarti sebelumnya data aplikasinya sdh tersimpan di sdcard.
      coz, kadang2 ada aplikasi yang otomatis terinstall ke sdcard. Jadi jeli aja liat2 status aplikasinya.
      Sewaktu ane pake link2sd, emang setiap aplikasi yang tak install saya perhatiin lokasinya dan pantau free space memori internalnya.

  9. nanya gan… sd card awal (2Gb) ane mo ganti ama yg 8Gb, apa data yg ada di sd card lama tinggal copas ke yg baru.. kira2 ada efeknya gak..???? (yg 8Gb mau ane partisi dulu)
    trus klo pake 8 Gb menurut tutorial2 di hasil googling ane bisa dipartisi jd 3 bagian tp yg pake format FAT32 cm partisi yg pertama, yg kedua pake EXT2 & yg ketiga Linux Swap, gimana tu..?? soalnya kata agan kan pake FAT32 semua..??? mohon pencerahan mengenai dampaknya…
    banyak2 tengkyu utk infonya, gan…

    • copy data dari sdcard 2GB ke 8 GB g ada efek apa2… Ya, sama aja kayak mindahin data dari flashdisk ke flashdisk.
      Yang jelas mindahinnya setelah sdcard yg 8GB sudah di partisi.

      Partisi SD card bisa jadi berapa aja, ada yang ampe 5 partisi. Tapi itu untuk yang advanced dan tau fungsi dari masing2 partisi. Untuk pengguna biasa, sdcard dipartisi jadi 2 itu sudah cukup. Karena partisi yg pertama sebagai penyimpanan data biasa (FAT32), dan partisi yang kedua sebagai penyimpanan aplikasi android (bisa pake EXT2, EXT3 atau EXT4).

      Custom ROM yang jadi faktor penentunya. Sekarang tinggal agan mau pakai custom ROM apa. Misal utk Galaxy Mini, ada custom ROM emanon, custom rom ini hanya support partisi FAT32 dan EXT3. Jika kita mempartisi EXT2 maka akan otomatis diconvert ke EXT3. Dan emanon tersebut tidak mensupport linux swap, sehingga percuma saja jika kita mempartisi sdcard jd 3.
      Di galaxy mini, yang udah support Linux Swap hanya cyanogenmod dan itu versi tertentu. Jadi kita bisa mempartisi sdcard jd 3 partisi. Namun tentu ada resikonya yaitu umur ekonomis sdcard menjadi lebih pendek. Karena semua partisi digunakan secara bersamaan. Analoginya seperti kita berolahraga, semua anggota badan bergerak, maka akan cepat capek tapi sehatnya dapet. Sama kayak sdcard, semua berkerja secara bersamaan tapi performanya dapet. :)

  10. aslamualaikum min, saya minta bantuan, saya kan pnya sd 2Gb, and uda saya udah partisi berhasil..
    tp knp ko wktu saya pindahin data k SD gak k baca ama hh ya min.?
    pdahal wktu mindahin d laptop data nya ada lho gan..
    apa nya yg salah ya gan.?
    tlong bantuannya gan.

  11. gan mw nanya…
    ni hp saya gayaxy young k pas msuk link2sd trus pilih fat32 kak ada tulisan pemasangan scrit salah. . .
    mhon bantuannya gan. . . .

    • gan kok wkt saya mau create link angry bird gabisa ya? dibilang failure. emg sih internal memorinya udh kepake 161mb tapi kan emg sengaja ntar kalo angry birdnya dipindahin,kapasitas memori internalnya lbh gede. gimana ya?

    • Ternyata sekarang ada beberapa aplikasi yang emang g bisa dipindahin ke Eksternal. Kalo yang bener2 bisa dipindahin ke eksternal, harus install custom rom. Di dalam custom rom biasanya sudah ada aplikasi bawaan utk menangani extend memori internal, pake S2E atau APP2SD.

  12. partisi sd card gue:
    1. fat32
    2. ext4
    3.linux
    klo partisi sd card yg kedua formatnya gue ubah ke fat32,,cara kerjanya tetep bareng ato cma 1 dan 3 yg bekerja barengan?

    • Tergantung ROM yang digunakan. Rata2 yang berjalan partisi 1 dan 2.
      Tuk partisi yang ke-3 hanya beberapa custrom yang support utk partisi linux-swap.

    • Kalo kerja barengan berarti agan salah partisi,ane udah tau tuh caranya,coba buka di minitool lg pasti urutan yg pertama yg swapnya,yg bener urutan pertama yg fat32..

    • Ane g prnh bilang urutan pertama Swap…
      Ane selalu merekomendasikan, sdcard dipartisi jd 2, yg pertama FAT32 yg kedua FAT32 / EXT2 / EXT3. G prnh kasih tutor ampe 3 partisi.

  13. gan punya ane itu yg partisi 1 fat 32, tp yg ke 2 ext 2.
    itu cara ganti partisi ke 2 biar ganti ke fat 32 gmana caranya biar datanya gk hilang?

    • Tinggal di format ulang aja yang partisi ke-2 nya pake Minitool Partition Wizard.
      Klik kanan partisi yg ke-2 >> Format >> Ubahsesuaikan >> OK >> Apply.

  14. gam ane mau nanya nih….
    galmin dh 2.3.4 sdcard dh f partisi dan berhsl…
    link2sd dh d instal..tp waktu buka link2sd gak bsa untuk create link… ada tulsn “link2sd tdk memilik izin root”.bgtu kira2bunyinya… apa da yg slh?tlng bantuanya…

    tlg bantuanya….
    nb: galmin d upgred via kies

  15. tanya dong kok ga bisa link yaa..padahal sudah terpartisi dengan FAT32…failure katanya? ..mohon bantuannya thanks

  16. udah nyoba semuanya dan berhasil. tapi makin lama memori internalnya bakalan makin kesedot juga. jadinya harus ngapus2 data lagi deh. gimana ya?

    • berarti untuk memenuhi kebutuhan agan g cukup pake metode ini. sebagai solusi alternatif, agan bisa install custom rom yang support partisi SD EXT.
      Misal, iCUSTOM DXKT6, CyanogenMod 7, emanon, dll.
      Cuma partisi SD Card yang kedua type-nya diubah jadi EXT2 atau EXT3.

  17. gan ane pemakai baru ni galyoung y cdma, mw nanya tujuan buat custom rom apaan sich? mang klo udh di custom rom memori internalnya nambah ? trus flashing / upgrade firmware itu jga tujuannya apaan sich?

    • tujuan bikin custom rom, untuk mendapatkan performa/memasukkan fitur2 baru yang g dimiliki ROM bawaan. Keuntungan dr custom rom banyak, tergantung dari sang pembuatnya (developer) nambahin fitur2 apa aja yang ada di custom rom buatannya. Untuk custom rom buat galmin, rata2 keuntungan yg didapet:
      1. support extend memori internal
      2. overclock
      3. custom theme
      4. best audio tweak
      5. performance tweak, dll.
      Flashing firmware biasanya cuma buat upgrade dari Froyo ke Gingerbread. Kalo udah gingerbread, bebas mau install custom rom apa aja. Coz, kebanyakan custom rom yang dibuat pake base gingerbread.

  18. gan, mau nanya nih.
    aku udah berhasil mempartisi SDCard, trus aku pake link2sd malah partisi yg kedua nggak kedeteksi. kenapa ya?

  19. aku masih make stockrom gan. udah aku partisi fat 32 sama fat 32
    tapi tetap aja pas make link2sd partisi kedua nggak kedeteksi. gimana gan? apa harus diroot dulu?

  20. boss,,mo tanya nii,,galmin ku udah custom rom pake cm7,,aku mo instal link2sd,,tapi kok gagal terus ya waktu buka link2sd nya,,,[mount script erorr] gitu boss…padahal aku dah partisi sdcardku seperti tutorial nya boss…salah dimana ya bos??aqku pake sdcard 16gb boss,,,makasihh,,,

    • CM7 udah ada scriptnya sendiri. Agan tinggal install app A2SD trs buka appnya centang yg Dalvik Cache trs reboot.
      partisi sdcard kedua yg dipake EXT3 or EXT4

    • berarti sebelumnya udah tersimpan disdcard…
      tapi kalo udah ke link kan ada keterangannya di app link2sd statusnya linked (telah terlink).

  21. Klau di hp ane sdh ada (bawaan hpnya) ManageAplication-nya, apa gak usah pakai link2SD sebab di MA tsb sdh ada “move to SD”nya? Makasih sblmnya

    • Ada 2 lokasi pnyimpanan ketika Move2SD, biasanya sebagian akan disimpan di memori sdcard dan sbagian lagi di memori internal.
      Kalo link2sd, syaratnya kan sdcard hrs dipartisi jd 2. ktika app dibuat link, sbagian akan trsimpan di sdcard partisi 1, dan sbagian lagi trsimpan di sdcard yg partisi ke 2.

  22. Gan kalu udh berhasil tp kok tidak bertambah…. atau emang. tidak tertera langsung. di pengelolah memori nya ya..??

  23. gan ane udah partisi juga install link2sd.. tpi ko msih ad tulisan ” internal phone storage is getting low ” klo download app…
    kasih p’cerahn’y donk.. thanx.. :)
    ad yg ktinggaln.. ane pke GALYOUNG..

    • Coba aplikasi2 yang udah keinstall di-link-kan semua lewat app link2sd itu. Coz, kalo belum di set automatic create link, aplikasi yang udah keinstall masih terinstall di memori internal.

    • Seperti penjelasan di postingan ane yang lain. Metode untuk extend memori internal memang ada banyak, dan ini salah satunya.
      Jika, sudah menggunakan metode ini dan dirasa masih belum memenuhi kebutuhan pengguna, maka coba dengan metode yang lain. Karena tiap metode punya kelebihan dan kekurangan. Link2SD kalo bagi saya sudah cukup, jika digunakan untuk menampung aplikasi2 standar sampai dgn 100 aplikasi (tiap aplikasi: 2-3MB).
      Jika masih ada notifikasi low space, padahal semua aplikasi telah dibuat link dan sudah dipindahkan ke SD card, maka perlu pindah ke metode lain. Misal dengan S2E atau script a2sd yang biasanya sudah tersedia di CUSTOM ROM. Jadi solusinya kita harus install custom ROM yang punya fitur extend internal memori with S2E or script a2sd.

  24. gan ini ane baru coba nih. trus udah ada sekitar 7 aplikasi bisa ane link,tp pas ane mau link lagi aplikasi yg lain malah ada tulisan kayak gini “no space left on device” itu maksudnya gimana gan? cara atasinya gimana ya? tolong penjelasan nya ya gan. ane masih newbie soalnya. thanks gan!

  25. terima kasih gan sdh di coba n berhasil, aku pernah coba cara yg lain berhasil jg memperbesar internal memory tetapi ada error pada wi fii. alhamdulillah ini oke. moga nggak ada error di tempat yang lain

  26. Ping-balik: Cara Menghapus / Remove a2sd script « Orie1212's Blog.

  27. Gan .. mau nanya .. cara diatas maksudnya apa sih ?
    Kalo memindahkan aplikasi yg terinstal di memori internal kan bisa pake Move to SD…
    kenapa harus di partisi dulu .. ?

    Atau mungkin maksud agan cara itu buat mindahin data aplikasi …
    kan kalo aplikasi ngambil datanya dari memori internal …

    Please bls gan ..

    • Pake Move2SD bisa, tapi cuma mindahin data aplikasinya sebagian. Yang intinya masih membuat memori internal kepenuhan.
      Kalo pake Link2SD, semua aplikasi dipindahkan ke partisi yang ke-2. Makanya sdcard harus dibuat 2 partisi.

    • Krn di CM7.2 dah ada script lain. Biasanya cukup install S2E, terus open, centang Dalvik Cache, Reboot.
      Tp tuk partisi ke dua nya pake EXT3.

  28. Gan, itu semua di instal di netbook dulu kan tablet kita baru di konek ke netbook tp masalah ane gan tablet ane ga ke detec usbnya dan ane dah search drivernya belum ketemu ampe sekarang ane pake Beyon Bpad Model M005.

    • Kalo aplikasi yang di link in masih dikit, artinya memori internal yg 180MB itu cukup untuk menampung semua aplikasi yg terinstall. Bisa di remove link2sd nya, ada di menu link2sd, remove all link. Baru remove script a2sd n install amarullz script. Tutornya dah ada di blog.
      Tapi yang enak, install ulang custom rom nya terus remove script a2sd n install amarullz script..

    • baiknya jika ingin menggunakan link2sd.
      1. flashing ulang
      2. partisi sdcard jadi dua dengan type FAT32 dan FAT32
      3. baru install app link2sd.

  29. sory ni gan
    ane mau nanya
    bukannya partisi itu menjadikan 3bagian pada SD card?
    1. fat32 (untuk menyimpan foto, video, musik, DLL)
    2. ext2 (untuk menyimpan aplikasi)
    3. linux swap (untuk membantu kinerja RAM)

    nah tadi diatas di screenshoot punya agan
    pas buka link to SD muncul
    “pilih jenis file system partisi ke2 pada SDcard kamu”
    knp agan pilih Fat32?
    kan file system yang ke2 ext2?
    apa setiap orang mempartisi SDcardnya dengan cara masing2?

    mohon pencerahan
    makasi gan

    • kan di tutor ini, partisi sdcardnya:
      1. partisi dgn type fat32 (bwt nyimpen data)
      2. partisi dgn type fat32 juga (bwt extend memori internal).

      Gak pake 3 partisi seperti yang agan maksud… Kenapa hanya butuh 2 partisi? Karena ya hanya dengan 2 partisi ini aja sudah cukup untuk extend memori internal. Ane sendiri g pernah mempartisi sdcard jadi 3 partisi.

    • move to sd card, mindahin aplikasi n sebagian data aplikasi ke sdcard (partisi 1). Kalo create link mindahin aplikasi dan semua data aplikasi ke sdcard tapi yg partisi ke 2.

    • makasih om.. sekalian mw nanya, sd card sy 8gb trus partisi 2 nya jadinya klo digabung sm internal jdi sekitar 1gb.. tp kok masih aj muncul notif klo memory internal penuh.. mohon pencerahannya.. makasih :D

    • oia trus di task manager nya storage internal masih kyk sblm di partisi blm nambah jadi 1gb… :( apa memang kyk gtu ato partisi ny ga berhasil.. thx

    • Partisi sdcard nya dulu jadi 2, seperti di tutor di atas. Dibuat partisi FAT32 dan FAT32.
      Habis itu install app Link2SD dari Play Store. Dan pastikan sebelum HH nya udah ROOTED. Kalo belum di root, g bakal bisa membuat link (mindahin app dari memori internal HH ke sdcard partisi 2).
      Jadi di Task Managernya kalo pake metode Link2SD ini, ndak bakal terbaca 1GB. Tapi sewaktu buka app Link2SD, di bagian Status / Properties akan ada keterangan besarnya partisi sdcard ke-2.

  30. gan ane cari totorial partisi sdcard di internet ada yang partisi 1 hrs file systemnya fat32 dan partisi 2 file systemnya ext2 dan ada juga yg partisi 2 nya hrs fat32 jadi yang benernya yg mana? ane pake cara yg partisi 1 fat32 dan partisi 2 ext2 buat link sukses tapi kalo “pindah ke sd card” gagal, jadi solusinya gimana?

    • Ndak ada yang bener dan ndak ada yang salah gan… Tergantung pemakaiannya…
      Di tutor ane, kenapa mengharuskan (very recommended) partisi 1 FAT32 dan partisi 2 FAT32 juga. Itu karena kita khususkan untuk extend memori internal menggunakan Link2SD. Anda bisa baca lebih jauh tentang Link2SD di
      forum.xda-developers.com/showthread.php?t=919326

      Nah, di tutor ane yg satunya lagi memang merekomendasikan FAT32 dan EXT2 atau EXT3 atau EXT4 ini untuk extend memori internal menggunakan a2sd darktremor, S2E atau amarullz script yang mana app tsb sudah include di dalam custom rom Galmin. Dengan kata lain, partisi FAT32 dan EXT2 dikhususkan ketika ingin install custom ROM.

  31. Oh gtu y gan Orie..ane lg bca2 dlu ni..pngn partisi jg tp tnggung memoryny msh bwaan hp cm 2 GB..nanggung gan..
    Oh jd klo buat stockrom type kedua partisiny sm y gan yaitu FAT32

    • partisi yang ke-2 emang g bisa kebaca di OS Windows.. Kebacanya kalo pake OS Linux termasuk Android..
      Di Android buat liat ada partisi 2nya pake app Titanium Backup.

    • gan..ane rencana mo partisi n ikutin tutorial ini, langkah awalnya kan ad tutorial agan sblm ini yaitu cara partisi sd card galaxy mini, nah pd lngkah ke 10 kita hrs ngikutin tutorial yg ini y gan (cara melegakan memory internal galmin dgn link2sd, yg parrtisi 1 & 2 pke FAT 32 smua) bgtu y gan ?
      #maklum nubi takut slh gan

    • hh ane ud root n pke move2sd enabler buat mindahin app2 ke external, ntr link2sdny bentrok gak gan sm move2sd enabler ?
      klo bntrok solusiny gmna gan…mksh sblmnya.
      jgn bosen y gan ane tnya trus..msh pemula ni gan.

    • mending pake Link2SD aja.. Coz apa yang bisa dilakuin ma move2sd enabler, si Link2SD juga bisa.. :)
      Jadi app move2sd enabler nya di uninstall dulu.. baru pake link2sd…

    • ane sih belum pernah coba… soalnya dari mastahnya dulu ngasih tau harus pake card reader..
      kalo g pake card reader, resiko ditanggung sendiri..

  32. aku pakek galaxy ace, udah lama sih pakek andorid itu. cuman aku baru tau masalah root2 ini beberapa waktu yang lalu. menderita banget memori internal dikit banget. mau di root tp takut gagal. ada tutorial mulai awaaaal banget tentang masalah root2 ini nggak? makasi

    • masuk aja ke group galaxy ace, disana ada tutorial lengkapnya… tinggal ikutin.. terus buat ngelegain memori internal, install app link2SD ini..

Kotak Pesan (Komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s