6 Metode Melegakan Memori Internal Android yang Kecil


Setelah sekian lama menggunakan Galaxy Mini dan ikut coba belajar oprek2, walaupun belajarnya slowly… Akhirnya dapet NEW something. Yaitu tentang MENANGANI MEMORI INTERNAL GALAXY MINI yang kapasitasnya KECIL, cuma 180MB.

Sampai saat ini ada 6 METODE yang saya ketahui dan BERJALAN dengan Lancar (Tested by me):

1. Menggunakan APP 2 SD, yaitu dengan memindahkan aplikasi2 yang ada di tab MOVABLE (dari memori internal ke SD Card).

Requirements:

- SD Card dengan kapasitas minimal 2GB dan Free Space 500MB.

Aplikasi ini bisa di install di non ROOT Device atau ROOT Device. Jadi buat yang takut garansinya hilang karena di Root, bisa menggunakan aplikasi ini.

Kekurangan:

- Tidak semua aplikasi dapat dipindahkan. Sehingga memori internal tetap bisa penuh alias tidak bisa banyak menginstall aplikasi  Android.

2. Menggunakan app Move2SD Enabler dan dipadukan dengan APP 2 SD. Cara kerja nya mirip  seperti metode yang pertama. Perbedaannya adalah, dengan mengaktifkan Move2SD Enabler maka semua APP yang terinstall pada memori internal akan terlihat di tab MOVABLE APP 2 SD. Sehingga aplikasi2 yang sudah terinstall di memori internal dapat dipindahkan semua ke SD Card.

Requirements:

- SD Card dengan kapasitas minimal 2GB dan Free Space 500MB.

- ROOT Device. (Smartphone / device Android Anda harus di Root).

Keunggulan:

- Dengan Move2SD Enabler, lokasi penginstalan aplikasi yang baru dapat di setting otomatis ke Memori internal atau eksternal.

Kekurangan:

- Kurang praktis, karena harus menginstall 2 aplikasi.

- Masih belum bisa menginstall banyak aplikasi.

3. Menggunakan app LINK 2 SD.

Requirements:

- SD Card dengan kapasitas minimal 2GB.

- ROOT Device.

- mempartisi SD Card jadi 2, partisi 1 untuk media penyimpanan (FAT32) dan partisi 2 untuk penyimpanan cache+data aplikasi yang terinstall di memori internal ke SD Card (FAT32, Ext2, Ext3 atau Ext4).

Keunggulan:

- Tidak ada lagi masalah dengan memori internal Android yang kecil.

Kekurangan:

- Tidak ada.

Tips: app ini bisa berjalan di STOCK ROM, dengan ketentuan: Partisi SD Card yang ke 1: dengan type FAT atau FAT32 dan Partisi SD Card yang ke  2: dengan type FAT32.

4. Menggunakan script app2sd (a2sd darktremor) atau A2SDGUI.

Requirements:

- SD Card dengan kapasitas minimal 2GB.

- kernel yang support untuk mount SD EXT. Contoh untuk Galmin, kernel buatan tj_style, parasmi atau squadzone.

- mempartisi SD Card jadi 2, partisi 1 untuk media penyimpanan (FAT32) dan partisi 2 untuk penyimpanan cache+data aplikasi yang terinstall di memori internal ke SD Card (Ext2, Ext3 atau Ext4).

- ROOT Device.

Kalo mau building Custom ROM sendiri biar bisa menggunakan script a2sd ini, memang rada susah. Jadi kalo buat pengguna biasa, tinggal install Custom ROM aja. Contoh Custom ROM Galmin yang support script ini: CM7, emanon, GAFATAR, dan minimodX.

Keunggulan:

- Tidak ada lagi masalah dengan memori internal Android yang kecil.

Kekurangan:

- Hanya bisa berjalan di Custom ROM.

5. Menggunakan app S2E.

Requirements:

- SD Card dengan kapasitas minimal 2GB.

- kernel yang support untuk mount SD EXT. Contoh untuk Galmin, kernel buatan tj_style, parasmi atau squadzone.

- mempartisi SD Card jadi 2, partisi 1 untuk media penyimpanan (FAT32) dan partisi 2 untuk penyimpanan cache+data aplikasi yang terinstall di memori internal ke SD Card (Ext2, Ext3 atau Ext4).

- ROOT Device.

Keunggulan:

- Tidak ada lagi masalah dengan memori internal Android yang kecil.

Kekurangan:

- Hanya bisa berjalan di Custom ROM, khususnya CyanogenMod. Tetapi ada beberapa yang sudah mencoba di Custom ROM laen, seperti custom ROM buatan parasmi yaitu emanonv3, v4 dan v5.

6. Menambah Memori Internal semau “Gue” dengan metode DOC. Nah, kalo yang ini saya agak bingung njelasinnya. Intinya, say good bye lah ama Small Memory Internal.

Requirements:

- SD Card dengan kapasitas minimal 2GB.

- mempartisi SD Card jadi 2, partisi 1 untuk media penyimpanan (FAT32) dan partisi 2 sebagai memori internal tambahan (Ext4).

Metode ini support buat ROOT atapun NON ROOT Device (sama seperti metode pertama).

Keunggulan:

- Memori internal dapat ditambah semau user, tergantung dari besarnya kapasitas SD Card yang dimiliki. Sangat recommended maksimal 1Gb.

Kekurangan:

- Load program waktu awal2 menyalakan device / smartphone rada lama.

- Metode ini hanya bisa digunakan untuk device Android  dan firmware (Stock ROM) tertentu, khususnya untuk Galaxy Mini. Jadi, berbanggalah yang punya Galmin,.. he8x. :D

.

Kesimpulannya:

Yang benar-benar bisa menjadi solusi maknyus buat mengatasi memori internal Galaxy Mini adalah opsi, 3 s/d 5.

.

References:

http://orie1212.wordpress.com/2011/11/24/memori-internal-hp-android-penuh-install-move2sd-enabler/

http://orie1212.wordpress.com/2011/11/29/cara-menggunakan-app-a2sdgui/

http://orie1212.wordpress.com/2011/12/14/setting2-app-setelah-install-custom-rom-v3/

http://orie1212.wordpress.com/2012/01/20/cara-menambah-memori-internal-galaxy-mini-android-2-3-6-s5570jvkt1/

About these ads

103 thoughts on “6 Metode Melegakan Memori Internal Android yang Kecil

  1. mw tanya nih om,,
    kalo partisi kedua yang mau dijadiin memory internalnya formatnya (ext4) atau (ext2) soalnya di postingan om yang satunya lagi, partisi yang kedua formatnya (ext2),,
    mw nambahin memory internal tapi masih ragu-ragu nih om,,:)

    • Tergantung permintaan (requirements) metode yg digunakan.
      Untuk menambah memori internal (metode dr developer DOC), mengharuskan partisi yg kedua pake EXT4. Sedangkan yg lainnya bisa pake EXT2, EXT3 atau EXT4. Jd, tergantung dari requirements nya.

  2. Kalau pake metode om yang Cara Menambah Memori Internal Galaxy Mini Android 2.3.6 (S5570JVKT1) partisi yang keduanya pake format apa om,,??
    maaf om banyak tanya maklum masih newbie,,

  3. Kalo Android 2.3.6 (S5570JVKT1) pake Link2sd partisi yang keduanya pake format apa om,,??
    Mw nambahin memory internal tapi kata om kalo aplikasi yg diinstall banyak hpnya jadi lemot, jadi kepengen pake link2sd ,,
    Menurut om mendingan nambahin memory internal apa pake Link2sd,,
    thank before,,

    • Kan melegakan memori internal gan… Bahasa inggrisnya extend.
      Extend kalo diterjemahkan di bhs indo emang kurang tepat sih kalo diartikan menambah. Coz pengertiannya jadi kayak yg agan maksud.
      rata2 dari agan2 yg pernah berkunjung dimari, banyak yg nanya, “memori internalnya kok g nambah gan?”
      Memang extend artinya menambah. Tapi yg dimaksud menambah bukan berarti harus terlihat di Task Manager > summary, kapasitas memori internal berubah menjadi > 180MB. Dikarenakan script program dari masing2 metode di atas berbeda-beda, namun semuanya tetap bisa membaca partisi sdcard yang kedua.
      Nah, sebetulnya yg dimaksud extend adalah partisi sdcard yang kedua (entah itu dengan type: FAT, FAT32, EXT2, EXT3 atau EXT4).
      Semua app (aplikasi android), yang biasanya disimpan di memori internal, ketika sudah di extend (punya partisi kedua) maka app-app tersebut akan disimpan di partisi kedua. Sehingga memori internal tidak bakalan penuh.

  4. gan minta saran donk, tp hh ane partisi nya gagal jd di TB ga kebaca memory partisi nya, menurut agan hh ane msh bisa dicoba ga dr sata satu contoh diatas?

    • 1. pastikan HH agan, versi android gingerbread.
      2. install custom ROM: iCUSTOM DXKT6 . Jamin nyaman dan g boros batre. Coz, make firmware official dari samsung yg terbaru (region Asia).

      Tutorial extend memori internal, lengkap di postingan custom rom tersebut.

  5. bro, minta saran.gw punya tab android beyond bpad , os gingerbread.masalahnya sama .memori internal kecil, hampir penuh.jadi lemot n ga bisa instal lg.padahal mc nya 16gb.gw udah intal app 2sd tapi ga ngefek.ubek2 google dapat blog ini.

    gw mau pake cara ke 2 tapi ga tau cara root.maklum masih baru nih.takut jg.trus kalo cara2 yg lain harus custom root, tambah ga ngerti.sepertinya cara ke 6 lebih mudah.gw mau tapi di tulis cuma device tertentu.nah, device gw bisa ga pake cara ke 6?.ngeceknya gimana ?.ada link nya ?.juga link cara ke 6 di atas buat galaxy mini.kalo buat tab beyond bpad bisa di pakai?

  6. bro, tanya lagi.mc udah di bikin 2 partisi.aplikasi udah di copy balik ke partisi 1(fat 32)..tapi kenapa aplikasi ga bisa keluar semua ?

    • aplikasi itu harus diinstall gan… G bisa kalo cuma co-past.
      Mk dr itu ada aplikasi utk backup & restore aplikasi like Titanium Backup.

  7. Maaf mas, mau tanya..saya pke galaxy mini froyo. Udh saya root dan pk link2sd, saya cek internal menori cm isi link2sd aja tapi kenapa masih ada notifikasi internal phone storageis low dan saya cek tggl 4%. Sampai ada notif incoming message rejected. Itu knp ya mas saya ga bs uninstall apa” lg soalnyaga ada apk yg disimpen d internal, paling system aja dan ga mgkn saya oprek. Itu kira” knp ya mas? Kalo udh d root dan pake link2sd apa bisa saya tambah pake cara k 6 dan maaf kalo blh mnta link lengkap tutorial cara yg k 6 mas. Terima kasih banyak sebelumnya.

    • Mohon maaf sebelumnya,.. Pertanyaan agan belum bisa sy jawab, Krn pertanyaannya masih belum jelas.
      Device-nya udah di custom rom ato belum, and extend memori internalnya pake apa? ama maksudnya ganti hp baru juga msh belum jelas.

  8. Mau nanya Gan. Galaxy W. Sy sudah partisi externalnya jd 2. yg ke 1 kapasitas 8 gb (FAT 32) dan yg kedua 8gb (FAT 32). tp app link 2 sd nya tetep gak mau mounted. Walau udah di coba2 partisi kedua pake ext2,ext3 tetep gak bisa mounted. sebelumnya pernah uji coba pake ext 2 gb di partisi 50-50% berhasil,tp pas di ganti sama external yg 16 gb gagal trus gak mau mounted. Mohon pencerahannya seharian pusing ngotak ngatik. thks

  9. Kalo Pake ROM ICUSTOM recomended yang mana gan ???
    soalnya ane coba yang Link2SD sama S2E gagal semua,..pas intsall apk.
    sii galmin langsung auto boot.

    terima kasih…

  10. maaf nih gan mau tanya tp
    menyimpang dari topik..
    klo saya abis hapus aplikasi kan
    shortcutnya ilang tuh,biasanya jd
    ada space kosong.biasanya klo d
    restart or d matiin nanti space
    kosongnya udah ilang n d ganti ama
    shortcut yg lainnya.
    tp akhir2 ini saya hapus aplikasi n
    udah d restart n d matiin tp space
    kosongnya masih ada aja.gimana ya
    cara ngilanginnya???thx seblumnya

    • pasti pake Stock Launcher ya..??
      Kalo ada menu sort icon, pilih list by Name ato A-Z
      Kadang pilih menu Edit terus back dah normal lagi…

      Kalo ane sih pake launcher yg lain.. Kalopun stock launcher, download yg udah dimodifikasi..

    • Sebelum wifi error, bisa diceritakan kronologinya..? Sebelum-sebelumnya ngapain aja… Terus semua tutor yang diikutin maskudnya yang bagian mana aja…
      Coz, di postingan ini cuma cuplikan aja. Tutor lengkapnya ada postingannya tersendiri.

  11. gan,punya saya imo z5!dan sy sudah pake move2SD,app dunlutan udah tak move ke SD semua tp setiapX hp di matikan app slalu hilang/tidak di pasang!apa penyebabnya gan!tnk’s n mohon bantuannya

    • Belum pernah ngalamin gan… Coba di cek lagi, app nya muncul apa hilang beneran. Coz, kemungkinan app belum muncul aja karena loading HH nya yang lama. Device galmin ane juga gitu, tak kira aplikasinya ilang. Ternyata setelah ditunggu sekitar 10 menitan, dah muncul semua app2-nya .

  12. kalau pakai tab china. yg minim ram dan internal sdcard. kalau pasang app masuknya di internalsdcard. dr tab cuma 1,5. aku akalin aja, pakai memory external 32 gb yg aku jdikan intsdcard, banyak kok yg share, coba di google mengubah external jg internal sdcard. pasti ada. dan aku main game yg file besar slalu mental. karena ram yg gak kuat, ada jg dengan cara nambah scrip ram di etc/system/init.d taruh di sini scripnya,restar hhnya. main game jd mulus. cari trik ini coba dengan menambah kerja ram.

  13. gan ane pake Galaxy Gio,, tp masih stabdard (blm custom room soal’y ga suka costum room),, sd card’y 8gb class 10,, pengen d pastisi biar mmory internal gede,apakah hrus d root atau giman?,, minta solusi’y gan??.,, mksh

    • Move2sd enabler hanya digunakan untuk memindahkan aplikasi ke sdcard. Sewaktu saya menggunakan stock ROM compatible kok…
      Lebih bagus install link2sd,..

  14. mhn info. sy msh awam mslh software android. gimana cara memaksimalkan kinerja samsung galaxy y duos GT-S6102 dg sdcard yg terpasang 8 gb class 10? yg lbh diutamakan membesarkan RAM (std 290 mb) dan menyimpan smua aplikasi di sdcard, agar kinerja hp jd ringan. untuk data spt musik dan image tdk begitu penting bagi sy, yg penting kinerja bs cpt. langkah apa saja yg hrs dilakukan? trmksh

    • 1. RAM tdk bisa diperbesar, krn berkaitan dgn hardware. Sama seperti PC, kalau ingin nambah RAM harus beli RAM baru. Tp yg jual RAM tuk device android g ada. So, yg bisa dilakukan adlh memanagement RAM. Lihat di menu Settings >> Application >> Running Application. Mana yang paling banyak memakan RAM di Stop, atau uninstall app tsb.
      Yg paling gampang sebenernya install custom ROM, karena udah banyak customize nya untuk ndapetin performa yg seperti agan maksud. Kalau mau customize sendiri ribet dan panjang…

      http://galaxyyoungduos.blogspot.com/search/label/Custom%20Rom

      2. pake Link2SD. Tutor lengkap ada di blog ini, search aja, Link2SD.

  15. aku buat partisi kartu sdq jadi 2 ko malah gak kedeteksi di hp galminq yang satu fat32 yang kedua ext4 oh ya aku pke samsung galmin gts5570 v2.2.1 (rooted lwt update.zip)

  16. kalo ingin memperkecil pemakaian memory internal pindah aja ke memory external.
    aplikasi ya paling baik yaitu titanium backup [harus d root androidx] .
    kalo hp terasa lambat , matikan saja semua aplikasi takberguna yg berjalan di back ground. aplikasix pake all in one toolbox .
    kalo pengen minta aplikasix email ke : nikojimo@facebook.com
    atau anda bisa juga cari di play store ato search di google .
    hp gayung saya serasa pake gal s3 dengan cara diatas.
    game 40an , aplikasi lainx sekitar 20an.
    bermodal internal 190mb .

    • sebenernya nge root itu simple, asalkan tahu caranya masuk recovery mode.. setelah dapet kombinasi tombol untuk masuk recovery mode. Langsung coba install file .zip yg buat ngeroot. Ada banyak banget di google, bisa pake universal root.

    • ane sendiri mpe skg msh belum tahu cara install S2E, coz bawaan dari keluarga CyanogenMod. Ada yg bisa diinstall di custom rom lain, tp ntah gimana caranya.
      Biasanya ane buat nambah memori internal pake Link2SD..

  17. gan cara yg ke 3 cache tetap masuk ke internal juga,klw banyak install apps & game memory internal juga penuh

  18. saya mw tanya gan.. cara memperbesar memory internalnya gimana?
    udah saya partisi dan pake link2sd tp masih memory full
    mohon pencerahanhya… terima kasih.
    (galaxy gio.firmware DXKT8 n cusrom CM 10 versi JB 4.2.2)

    • Kalau pake Link2sd g bisa… Agan tanya aja ke orang yg bikin thread ato postingan tntang cusrom CM 10 versi JB 4.2.2, soalnya tiap semua custom rom dpt diperlakukan sama..

  19. Gan, mau nanya. Ane pake Cross A7, udah ROOT, udah pake link2sd, udah create link, udah diliat di storage information di link2sd sd card part2 yang pake ext2 itu udah keisi juga sama linknya. App udah linked –> on SD Card. Tapi pertanyaannya kenapa di pilihannya balik lagi ada di memori internal? Pilihan Move to SD Card itu hidup lagi. Ada pencerahan, gan? Trims

    • memory internal kan emang masih ada.. yang bawaannya..
      Penyimpanan aplikasi jadi ada 3 opsi:
      1. memori internal bawaan
      2. sdcard (partisi yg pertama)
      3. sdcard EXT (partisi yg kedua)

Kotak Pesan (Komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s