[TUT] Cara Root Sony Xperia M Dual Android 4.3


OVERVIEW

Yang wajib diketahui:

1.  Versi android HH Sony Xperia M Dual (XMD): Android 4.3

2. Jika masih Android 4.2.2, silahkan upgrade dulu ke Android 4.3 dengan mengikuti tutorial ini.

 

A. PERSIAPAN

1. Download towelroot melalui HH agan: kunjungi situs towelroot.com , touch logo lambada merah.
2. Setting di pengaturan – Security, centang Unknown Sources.

image

B. ACTION

1. Install apk towelroot (tr.apk) tsb. melalui file manager (lokasinya ada di folder sdcard/download).
2. Pastikan internetnya aktif.
3. Buka app towelroot, touch make it ra1n.

image

4. Setelah sukses, install app Supersu di Play Store.

== Selamat!!! ==
HH anda sudah root!🙂

 

Tetapi sampai di sini, masih ada problem guys… Bagi yang bootloadernya masih Locked (Locked Bootloader / LBL).

1. HH akan restart sendiri setelah melakukan mount menggunakan app Foldermount.

2. HH akan bootloop jika mencoba install script Link2SD.

Buat kamu-kamu yang tidak memerlukan app Foldermount atau Link2SD, it’s fine. G jadi problem.

Yang belum tahu fungsi kedua app tsb:

– app Foldermount: untuk membuat link antara folder yang ada di sdcard (internal XMD) dengan folder yang berada di ext_sdcard (microsd). Sangat membantu terutama untuk me-link-kan folder obb (game).

– app Link2SD: untuk memindahkan app yang terinstall di internal XMD ke partisi sdcard yang kedua. Tujuannya agar memori internal XMD menjadi lega, tidak cekak dan bisa banyak install aplikasi yang dibutuhkan.

PERLU DIKETAHUI

Mengenai Memori Penyimpanan HH Sony Xperia M Dual ini,

Saat HH tidak terpasang microSD,

Memori SDcard = Memori Internal HH.

Memori Ext_SDcard = kosong.

Saat HH terpasang microSD,

Memori SDcard = Memori Internal HH. (Tetap – tidak berubah)

Memori Ext_SDcard = Memori microSD.

 

Sedangkan pada HH lain seperti HH Samsung, Evercoss atau K-touch (dari pengalaman penulis),

Saat HH tidak terpasang microSD,

Memori SDcard = Memori Internal HH.

Memori Ext_SDcard = kosong.

Saat HH terpasang microSD,

Memori SDcard = Memori microSD (Berubah)

Memori Ext_SDcard = Memori Internal HH.

 

KEUNTUNGAN Memori SDcard = Memori microSD:

1. Bisa banyak install aplikasi dan main game HD, tentunya menggunakan microSD yang berkapasitas besar 8GB, 16GB atau 32GB class 10.

2. Bisa banyak menyimpan foto dari hasil jepretan kamera atau rekaman video yang memiliki durasi panjang.

3. Tentunya mudah sekali memindahkan aplikasi yang terinstall di memori internal HH ke memori sdcard.

4. Media penyimpanan dokumen, foto, video, mp3, data game, dan lain-lain terfokus pada memori sdcard. Sehingga mudah bagi kita untuk menyalin / memindahkan file dari HH ke komputer.

 

So, jika kamu benar2 butuh memori SDcard yang besar, bukan cuma 2GB aja. Silahkan ikuti tutorial selanjutnya, yaitu Unlock Bootloader Xperia M Dual.

 

source:

Doc Group FB Xperia M / M Dual Indonesia

5 thoughts on “[TUT] Cara Root Sony Xperia M Dual Android 4.3

  1. Ping-balik: [TUT] Cara Unlock Bootloader Sony Xperia M Dual | Orie1212's Blog.

  2. gan ane punya masalah..
    kan harus install towelroot tapi ga bisa krn memori full padahal masih ada 700 mb gan,, kyknya harus hapus odexnya gitu. tapi kan harus root dulu..
    gimana ni gan?

Kotak Pesan (Komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s