Cara Hard Reset Galaxy Mini melalui Recovery Mode


Karena banyak sekali pertanyaan tentang permasalahan bootloop dan aplikasi yang diinstall mengalami error (Force Close). Maka dari itu, saya posting tersendiri solusi dari permasalahan tersebut. Satu-satunya solusi ketika mengalami permasalahan tsb (bootloop atau aplikasi error setelah upgrade) adalah dengan melakukan hard reset.

Cara Hard Reset Galaxy Mini melalui Recovery Mode adalah sbb.

1. Matikan galmin, lalu tekan tombol Power Button dan Home Button secara bersamaan.

>> terus tekan sampai muncul gambar seperti ini:

>> Ada pilihan,

  • reboot system now
  • apply update from sdcard
  • wipe data/factory reset
  • wipe cache partition
  • test redbend fota[FS]

>> Tombol yang digunakan,

  • Volume Down = untuk menggerakkan ke bawah.
  • Volume Up = untuk menggerakkan ke atas.
  • Home Button = untuk memilih menu (OK).
  • Back Key = untuk kembali.

2. Pilih menu wipe data/factory reset, dengan cara menekan tombol Volume Down, kemudian tekan Home Button. Kemudian pilih Yes — delete all …

3. Pilih menu wipe cache partition, dengan cara menekan tombol Volume Down,kemudian tekan Home Button.

4. Terakhir pilih menu reboot system now .

..

32 thoughts on “Cara Hard Reset Galaxy Mini melalui Recovery Mode

  1. kalo hp saya sudah di upgrade ke gingerbread 2.3.6 setelah mengikuti cara diatas maka hp saya kembali ke froyo 2.2.1 lagi atau masih tetep gingerbread,,??
    thnk before,,

  2. mw tanya nih om,,
    galmin saya wifinya konek tapi gx bisa buat internetan, kan galmin saya udah di upgrade ke gingerbread 2.3.6 kalo di hard reset galmin saya balik lagi ke froyo apa masih gingerberad,,??

    • Tetep gingerbread. Hard reset = men set ulang seperti sedia kala (settingan awal waktu pertama kali – setelah upgrade). Semua app yg telah terinstall, phonebook, message, memo, dll akan hilang (jd kosong).

    • permasalahannya knp dulu ni…? Kalo habis flashing pasti berhasil.
      Tp kalo hbs install lain-lain ane kurang tahu. Coba diflashing ulang aja.

    • Kalau sudah di hard reset and g ada backup-annya 100% gak bisa restore data yg udah kereset.. Alias harus mengikhlaskan semua data yg sdh hilang.

    • Untuk custom ROM, bug pasti selalu ada tetapi trgantung dr kbutuhan qt. Misal utk custrom MIUI, msh ada bug ktika mlakukan USB tethering, tp itu тdk mnjd soal bagi sbagian user yg gak butuh bwt USB tethering. So, enjoy aja make custrom MIUI.

      Kalo ane msh pake iCUSTOM DXKT6…

  3. min…mau nanya bisa nggak custom rom cyanogen di hapus dan di kembalikan ke model bawaan pabrik? (galmin froyo)

  4. maap gan mau tanya..
    Gamin ane diinstal applikasi ROM gt, nah tu hp langsung ngehang, n mati sampe skrg… trus slama mati ga pernah di charger jg..
    apa ya gan yang harus ane lakukan dulu??
    nyarger brpa lama n apakah harus di Hard reset??
    ditunggu jawabanya gan…

    • Dari blog tsb, itu kalo softbrick gan…
      Tp ane belum pernah sih ngalamin softbrick gitu… Paling cuma bootlooping doang ama error2 force close.
      Ane cuma bisa kasih saran:
      1. kalau sewaktu dicas, tidak muncul indikator pengisian baterai. Berarti baterai g bisa dicas. Coba ngecasnya pake charger desktop (kemaren ane beli sktr 20rb-an). Nah kalo batre dah full. Coba masuk ke Download Mode (pencet tombol Volume Down + Home Button + Power Button). Kalo muncul gambar segitiga kuning, tulisannya downloading… artinya Galmin bisa diflash. Selanjutnya tinggal ikutin aja tutor cara flashing.
      2. saran terakhir nih… Setelah coba masuk Download Mode, tapi ggak muncul segitiga kuning ALIAS gak bisa masuk Download Mode, terpaksa agan harus bawa ke Samsung Service Center (SSC).

  5. gan galmin (2.3.6) saya ini nge hang setelah saya update costum rom cm7,itu gimana solusinya gan,mohon pencerahanya ?

  6. gan..mau nnya hp samsung s5570 bis kecemplung air..ta bersihin trus nyala tp hank”gmbar samsung aja” ta hard reset uda tp ttep aja..pnya solusi ga bos..

  7. Gan saya coba tp kok malah restart terus ya…ngga muncul pilihan untuk reboot system…balik lagi ke pin screen. Please help

Kotak Pesan (Komentar)

