[CUSTOM ROM] [GT-S5570] GAFATAR ROM Galaxy Mini


Akhirnya jadi juga nih update custom ROM buat dipake sendiri. hehe… Love Orange!!!😀

Cerita Singkat

Custom ROM ini hasil modifikasi dari Nuswan updated (v2) dengan penambahan beberapa source yang ada di custom ROM Emanon_v3, CM7.1 dan CM7 RC5.4.

Thanks To:

tj_style, squadzone, parasmi, r33p, dan yang tidak dapat disebut satu per satu.

Apa saja yang dirubah?

GAFATAR ROM:

1. Menambah 14 toggles Menu

2. Full Sync icon ICS ke App-app bawaan.

3. Theming Orange SystemUI.apk, framework-res.apk dan DeskClock.apk

4. Mengganti bootanimation dengan AndroidFactory_bootscreen_orange

5. Mengganti suara start up – poweron.ogg

6. Mengganti font standar dengan font ubuntu, font jam lockscreen dengan font jam dari CM7 RC.5.4

7. Edit file hosts, menghapus beberapa alamat website yang di blok.

8. Tweaking build.prop

9. Remove aplikasi office.

10. Mengganti Launcher dengan TwLauncher from Chocobread.

11. Mengganti icon Notification (Quick Panel) and signal icons.

12. Mengkompress file size (reduce) framework-res.apk menjadi lebih kecil.

13. Mengganti icon app My Files and Task Manager.

Working

  • RIL (Phone & Data)
  • 2D & 3D Acceleration
  • Audio
  • Video
  • Camera
  • GPS
  • Wifi
  • Wifi Tether
  • Bluetooth
  • USB Mount
  • USB Tether
  • SD Card
  • Radio FM

Test GAME HD (no Lag)

  • NFS Shift
  • Asphalt5
  • NOVA
  • caligochas
  • Zenonia3

Lihat Screen Shoot

Klik Screen Shoot.

Download GAFATAR ROM

Klik DOWNLOAD << Newest

Cara Install GAFATAR ROM?

Bagi yang sudah biasa install custom ROM, pasti sudah tahu caranya yaitu install lewat CWM.

Bagi yang belum tahu / belum pernah install custom ROM:

A. Partisi SD Card

B. Flashing ke STOCK ROM

Pada tutorial tersebut (Flashing ke STOCK ROM), firmware yang digunakan adalah S5570DXKPD. Silahkan diganti menggunakan firmware S5570XXKPK. Link Download: firmware S5570 Europe atau firmware on forum  (Login / register dulu biar bisa download) – mirror.

C. Install CWM (ClockWorkMod) – Langkah 1 lewati saja.

D. Install GAFATAR ROM

1. Matikan smartphone Galaxy Mini (sampai benar-benar off — layar berwarna hitam — bukan warna abu-abu).

2. Tekan tombol Power Button dan Home Button secara bersamaan.

>> terus tekan sampai muncul menu ClockworkMod Recovery.

>> disitu ada pilihan menu,

  • reboot system now
  • apply update.zip
  • wipe data / reset
  • wipe cache partition
  • install zip from sd
  • backup and restore
  • mounts and storage
  • advanced

>> Tombol yang digunakan, <<

  • Volume Down = untuk menggerakkan ke bawah.
  • Volume Up = untuk menggerakkan ke atas.
  • Home Button = untuk memilih menu (OK).
  • Back Key = untuk kembali.

3. Pilih menu wipe data / reset, dengan cara menekan tombol Volume Down, kemudian tekan tombol Home Button. Terus pilih Yes — delete all u . Tunggu sampai prosesnya selesai.

4. Pilih menu install zip from sd, dengan cara menekan tombol Volume Down, kemudian tekan tombol Home Button.

5. Pilih menu choose zip from sdcard dengan menekan tombol Home Button.

6. Cari dan pilih file GTS5570_GAFATAR_ROMxx.zip, lalu tekan tombol Home Button – install. Tunggu sampai prosesnya selesai / Complete!

7. Tekan tombol Back Key, pilih menu reboot system now .

.

~ Selesai ~

Selamat menikmati Custom ROM: GAFATAR

.

Note: Setelah reboot (langkah 7) harap bersabar menunggu, kurang lebih memakan waktu 5-10menit  sampai masuk ke Tampilan Utama.

.

Sources:

– http://forum.xda-developers.com

– https://market.android.com/details?id=com.upwardspiral.Orange_Octane

– http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1054076

105 thoughts on “[CUSTOM ROM] [GT-S5570] GAFATAR ROM Galaxy Mini

  1. Ping-balik: [SS] Custom ROM GAFATAR Galaxy Mini (GT-S5570) « Orie1212's Blog.

  2. Gan mau nanya ..cara aktifin a2sdgui d custom rom chocobread 2.0 gmna ya ?
    Ane udh partisi lewat cmw ..tpi ko ga kebaca di titanium backup ny .hhe ..makasi gan heheee

    • Tenang aja.. Sebelum ane berpindah ke device laen, akan ane share apa yang ane bisa, buat referensi. Kalo2 suatu saat ane butuh lagi dan pengen mendalami lebih jauh. Just keep follow this blog..😀

  3. gan itu rom customan ente ya ?
    perpaduan dari Cm7 dan emanon?
    customizenya gimana gan?
    kayak cm7 ga banyak fiturnya? terus stabilnya kayak emanon ga? ane selalu ikutin ne blog gan, dari sini ane bisa modding mini ane yg baru. dari 2 rom yang ane coba. emanon v4 lebih fast, smooth n stabil, namum kurang fitur dan CM7 RC5.5 lebih banyak pilihan customizenya namun kurang fast dan agak lag. apalagi saat dengerin musik sambil browsing suara musiknya patah2. ane pgn da rom yang fast kayak emanon dan juga kaya fitur seperti cm7. bikinin tutor cara buat custom rom gan biar kami bisa coba2 sendiri membuat rom yang sesuai dengan keinginan kami…

    • Nah tu dia gan… Butuh semangat belajar yang tinggi. Buat bisa mencapai Goal tersebut.
      Kalo ane sih cuma ngambil script dalemannya dikit2 dari emanon (yang nambah menu di Power Option), terus yg dari CM7 ane ambil yg tema ma update aplikasi yg ada di sana. Source nya juga kebanyakan dari XDA-DEVELOPER, walaupun bhs Inggris ane jelek.

    • Waktu itu dah buat akun mediafire, tapi entah kenapa sekarang gak bisa diakses. Padahal dah tak catet email and pwd yg tak gunain.
      mediafire kalo g salah, file yg disimpan di sana g permanent ya? (cuma 30hr).
      Tapi coba deh, besok tak upload ke sana (nunggu 3 gretongannya cepet lagi).😀😀

  4. gan…pnya ane kn emanon v4
    ane mw pindah kegafatar..tp ane sayang ma aplikasi ane gan…

    gmn caranya biar aplikasi pnya ane tetep sama di gafatar gan…

    • di back up pake Titanium Backup Pro gan…
      (monggo di Googling bwt dwnload app nya).
      Cara makenya gampang…
      Setelah di install trs bka app nya, klik menu » Batch.
      Di Bagian Backup pilih yg Backup All.

      Terus ntar setelah brhasil install Gafatar ROM, install app Titaniumnya » pilih menu » Batch » di bagian Restore, pilih Restore All.

      Ingat!! App Titaniumnya yg versi PRO. Kalo yg Free g bisa.

  5. maaf mw nanya..
    ROM saya skrg CyanogenMod,7.2 Rc4(sebelumnya Gb 2.3.4 KPK) mau pindah ke ROM ini, caranya langsung install ROM ini lewat ClockworkMod Recovery atau flash balik lagi dulu ke kpk…

  6. cara bedain yang pro sama yang free gmn gan…
    ane udh download yang pro…tp kayak yang free
    mohon bantuan gan

    • Itulah nilai perjuangan oprek2 gan… he8x.😀
      Coba cari lagi, di group2 lilg atau yg laen.

      Ane g berani share software-software yang Pro, takut kena Warn or Banned.

    • Belum gan… Denger2 BOROS batre. Padahal ane sering keluar rumah, kalo pake CR ini bakal ada job baru neh.. Hunting colokan listrik.. we qkqkqkqkqk…

    • hahhaah kan ad cas yg mindahin arus dari batre jam gan ane aj bawa terus,,hehehehe,,,batrenya pake batre cas sanyo yg 4500,,,,,,kemana aj awet…batrenya haghaghag,,,,
      tp ni cyanogenmod 9.0 (ICS) beta 3 camera n radionya masih blm bisa gan

    • Wah.. Enak dung.. Ane mah kudu cari colokan listrik.:D
      Ya besok lah tak beli juga, brapa duit belinya? Oy, backup Titanium Pro nya dh bisa kan..?

    • mng murah gan,,,ni yang ane pake yg paling murah ,,,heheheheheh …tp setau ane,,,,yg sedeng 25,,,koleksi kabelnya lbih macem macem buat smua hp,,,klo yg 35,,,tu bedanya cm ad senter am lampunya aj gan,,,am yg harga 25an…..

    • wala coba di pasar kranggan ,,,,tunggu gan…klo dijakarta mah di klitikan juga banyak heheheheheh

  7. Ping-balik: [DEV] XLOUD ENGINE untuk Galaxy Mini – Bikin SUARA makin MANTAP!!! « Orie1212's Blog.

  8. bagus mas rom nya. tapi launchernya masih gak bisa transparant waktu buka menu aplikasi kaya cm sama emanon. terus gallery nya masih sedikit masalah, ada gambar punyaku yg masih g bisa keluar, jd saya ganti yang punyanya cm pake file expert

  9. Ping-balik: [NEWS] [CUSTOM ROM] GAFATAR ROM v2 « Orie1212's Blog.

  10. klo mo pke custom rom apa hrus partisi Sdcard dlu kak??
    klo ga usa di partisi (lgsg step brikutx) bisa ga?? dan apa efekx kak??

    • disarankan iya.
      7annya biar memori internal mini g penuh.
      kalo agan msh bru, monggo baca2 dblog ini ttg low space memori internal, a2sdgui, ma Wajib baca ini, yg dpanel sblah kanan blog.

  11. gan yang di download semua ya
    gafatar 1 dengan gafatar 2
    atau pilih salah satu saja???
    mendingan yang mana.makasih

    • salah satunya aja gan..
      kalo yg prtama, itu versi 1.
      yg kedua, dh di update, jd versi 2. apa aja prbedaanny dh ada datas ktrgannya.

    • Base 2.3.6 : emanon gan.
      KMPJ belum pernah coba. Coz sekarang dah nyaman di Android 2.3.4 DXKPD he8x.
      Bentar lagi ane publish ROM nya.🙂

  12. Ping-balik: [CUSTOM ROM] [GT-S5570] [Updated] GAFATAR ROM Galaxy Mini « Orie1212's Blog.

  13. Ping-balik: [CUSTOM ROM] [GT-S5570] [Updated] GAFATAR ROM Galaxy Mini : Gue Bantu

  14. Ping-balik: [DEV] XLOUD ENGINE untuk Galaxy Mini – Bikin SUARA makin MANTAP!!! : Gue Bantu

  15. Ping-balik: CUSTOM ROM for Galaxy Mini GAFATAR ROM

  16. Sebelumnya ane pake cyanogen cara mindahin aplikasi ke SD card gampang banget tinggal move, klo yg gafatar ini gak semuanya bisa ke SD ya gan… caranya gimana?

    • itu bedanya CM ama custrom yg base stock rom, kalo ini otomatis semuanya kepindah di SDcard. Tinggal buka app A2SDGUI >> pilih Dalvik tab >> move cachesd to sd EXT >> Reboot.

  17. Bang, udah aku coba.,.,
    Basicnya persis kek GingerBread 2.3.4 ya pas aku liat2..
    O y, kmren aku coba install Smart Keyboard Pro, pas mw kirim sms ngetik tuh makek Smartkeyboard kok malah ada peringatan y …
    trus aku tes krim k HP aku yg non android a.k.a HP BW malah gk autotext yg dari Smartkeyboardny error a.k.a acak2an.
    Soalny kmren aku tes mkek CM 7 makek autotextnya smartkeyboard lancar2 aja gan.

    • kyk gimana peringatannya?
      coba cek lagi cara instalasi smartkeyboardnya sdh bener pa blm… Kalo ane make smartkeyboard pro yg dari group FB lilg. Lancar2 aja kok..

  18. gan kok buat mainin game nova sama nfs shift ga bisa,malah minta donlot ulang.udah di coba donlot ulang tapi tetap aja ga bisa dimainin sampe kupta pulsa normal habis.minta pencerahannya gan,trims.

    • App Game+Data nya tu yg kurang lengkap..
      Saya dulu dapetnya dari kaskus, tapi sekarang dah jarang ngikutin.

      Seinget saya, untuk Game2 HD gitu, harus download file apk sama data nya. Lokasi data juga disesuaikan tempatnya, coz beda-beda.

Kotak Pesan (Komentar)

