Cerita tentang “plus” dari saya


SMP Negeri 22 Bandar Lampung, Lampung. Yap itulah tempat di mana saya menyelesaikan program jenjang pendidikan SMP – wajib belajar 9 tahun. Banyak sekali pelajaran / hikmah yang saya dapatkan sewaktu menimba ilmu di sana.  Saya ingat sekali, sewaktu pertama kali ikut latihan gerakan baris-berbaris atau PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa – hwa ha8x ngawur!!! kalo gak salah inget: kepanjangannya Pelatihan Baris Berbaris).  Ketika diberikan aba-aba: Majuuuuu Jalan ! Maka seluruh anggota barisan mengatakan dengan lantang: Dua-Dua Plésss!!! (Plus maksudnya – tapi bacanya Plés). Muncul di benak saya, “opo iki maksute ditambahi plus??” Kalau 22-nya saya tahu, ambil dari angka SMP. Waktu itu masih awal2 sekolah di SMP sii – jadinya gak tahu. Setelah beberapa bulan lamanya, akhirnya baru tahu. Ternyata Plus-nya itu Plus Keterampilan: Keterampilan Logam, Keterampilan Bangunan dan Keterampilan Tata Boga, dan saya masuk ke keterampilan Bangunan: Nguli cak…!!! Hwa qkqkqk.😀 . Tapi gak deng… Cuma di suruh buat lampu hias, lemari p3k, mainan 2D buat anak TK, dll. …… Kok malah cerita tentang saya sewaktu SMP nih.. haha.

Nah, singkatnya di SMP ini ada satu mapel yang sangat menarik minat saya. Mata pelajaran tersebut adalah Komputer. Peralatan waktu praktikum yang harus di bawa adalah ‘Disket‘. Hukumnya wajib! Kalo gak bawa / lupa, beli dulu di tempat fotocopy-an. Di saat masuk ke lab Komputer, kemudian duduk di depan komputer, muncul pertanyaan, “Kenapa layarnya cuma warna hitam ya??? Rusakkah ini? Tulisan yang muncul kok cuma C:\ ???”  Ternyata eh ternyata itu namanya Command Prompt, komputer yang tampilannya masih berbasis teks – DOS. hwehehehe… Awal-awal mengikuti mapel ini, bagi saya cukuplah sukar, karena harus menghafalkan semua perintah-perintahnya: MD, CD, DIR, CLS, DEL, dkk. (dan alhamdulillah sampai sekarang masih inget dan selalu kepake). Tidak lama, setelah naek ke kelas 2, komputer di lab sudah diganti dengan berbasis GUI – OS Windows 98. Yang menarik bagi saya adalah, ini alat kok bisa seperti ini ya. Diketik ini, muncul ini. Di klik itu muncul tampilan baru, kemudian apa yang sudah ketik bisa dirubah macem2, dibuat miring, tebal, dsb. (intine reti Microsoft Word – yang lebih canggih daripada ngetik di DOS. hehe).

Berkat bimbingan dari para guru lab Komputer yang always sabar untuk terus membimbing murid2nya, puji syukur saya dapat menangkap dan memahaminya dengan baik. Banyak saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Agus, yang selalu cepat dalam merespon pertanyaan murid (terutama murid cowok. Saya tidak tahu kenapa, apakah berita miring tersebut benar atau tidak – yang pasti bagi saya beliau adalah sosok yang telah menginspirasi saya untuk terus belajar tentang komputer). dan juga kepada Bapak Haikal, walaupun suaranya kecil, sayup-sayup, membuat mengantuk dan sering diabaikan oleh murid-murid (termasuk saya – kadang2… hehe) tetapi beliau telah banyak memberikan kesempatan bagi saya untuk lebih dekat dengan komputer, sewaktu jam istirahat – saya selalu diijinkan masuk ke lab. (kalo murid yang laen mah sering di usir, keluar.. keluar… ! haha..) .

Kemudian setelah selesai wajib belajar 9 tahun, merantaulah saya ke kota gudeg dan diterima di SMA N 10 Yogyakarta. Sayang sungguh sayang, di sini tak ada mata pelajaran Komputer. hiks..😦 … Tapi yang ada adalah TIK (Teknologi Informasi Komputer), oke deh!!! Ciip! Mantap… Panteng terus buat belajar komputer. haha..😀 .. Akhirnya setelah saya lulus SMA, kini saya kuliah di STMIK AMIKOM Yogyakarta jurusan Sistem Informasi dan berada pada tingkat akhir.

##Mungkin inilah nilai plus lainnya SMP N 22 Bandar Lampung bagi saya. Yang memberikan jalan / mengawali saya untuk berkecimpung di dunia komputer.

Ini cerita saya… Apa cerita kamu???

by: Muhamad Ansori

~~Posted: di saat pusing dengan coding.. haha…😀 ~~

testing nama biar ke indeks di google: Muhamad Ansori – Muhamad Ansori is orie1212. orie1212 is orieoke.

2 thoughts on “Cerita tentang “plus” dari saya

Kotak Pesan (Komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s