Catatan Penting Buat Pengguna Galaxy Pop / Mini (S5570DDKQ7)


Setelah beberapa kali saya melakukan percobaan, seperti inilah hasilnya:

.

Mengapa bisa terjadi pesan Force Close seperti di atas?

1. Melakukan upgrade + rooting + menambah memori internal:

2. Melakukan upgrade + menambah memori internal + rooting

.

Kedua skenario tersebutlah yang mengakibatkan error Force Close seperti itu dan proses inisialisasi (loading) sinyal + jaringan internet menjadi melambat, biasanya memakan waktu 5-10 menit smartphone Galaxy Mini saya baru siap untuk digunakan.

Kesimpulan:

1. Anda tidak dapat melakukan Upgrade ke Galaxy Pop, menambah memori internal dan rooting. Sebenernya ya bisa-bisa aja, tapi akan terjadi muncul pesan error seperti itu dan smartphone-nya baru bisa digunakan setelah menunggu 5-10 menit.

2. Anda bisa melakukan upgrade ke Galaxy Pop dan melakukan penambahan memori internal.

3. Anda bisa melakukan upgrade ke Galaxy Pop dan melakukan Rooting (merubah hak akses dari user biasa menjadi superuser).

Jadi silahkan dipilih: upgrade ke Android 2.3.6 + memori internal jadi lebih besar atau upgrade ke Android 2.3.6 + rooting. Kalo saya sih lebih prefer yang poin 2, memori internal jadi tambah besar dan garansi tidak hilang! Karena kalo smartphone Android nya di rooting, garansi nya akan hilang.

45 thoughts on “Catatan Penting Buat Pengguna Galaxy Pop / Mini (S5570DDKQ7)

    • Agan nge root doang atau nambah memori internal juga?
      Kalo gak error share dong caranya gimana. Coz saya selalu error gitu..
      Sebenernya sih dah dapet tutornya, tapi harus pake Linux.😦

    • 1. Tambah lemot: kemungkinan gak cocok ma hardware nya gan. Saya juga ngerasa gitu. Tapi baca di keterangan update-annya bilang lebih cepet. Setelah browsing2 lagi, nemu info ternyata Galaxy Pop ASLI-nya itu adalah Android 2.3.6 untuk smartphone CDMA di India. Tapi ada beberapa jg yg kasih komentar di xda, bilangnya lebih kenceng.. Haiiah…! Entahlah. Tinggal kembali ke kitanya sendiri. Kalo emang kurang good – ya kita cari yg lebih good. Toh list firmware Galaxy Mini yang dipajang di sammobile.com juga ada banyak dan terus memberikan yg terbaru, terutama untuk region Eropa. Tinggal kita cobain aja.

      2. Cepet Panas: mungkin sama juga seperti penjelasan sebelumnya. Dan untuk memastikan: biasanya itu karena ada beberapa app yang make resource RAM-nya gede. Ngecek nya di Task Manager atau menu Settings >> Applications >> Running Services.

      3. Tentang app2sd extreme terjadi kejadian seperti itu berarti app tsb. tidak cocok digunakan di firmware ini dan kemungkinan besar ada script yang bertabrakan – JIKA agan melakukan penambahan memori internal Galaxy Pop seperti yang sudah saya posting tutornya di blog ini.

      #firmware ini cocoknya buat pengguna Galaxy Mini yang pengen upgrade langsung ke versi Android 2.3.6 (dari Froyo atau Android 2.3.x yang dibawahnya) + memperbesar kapasitas Memory Internal (yang bawaannya cuma 180MB).

    • Itukan untuk GT-I9100, smartphone kita – Galaxy Mini: GT-S5570. Firmware terakhirnya: Android 2.3.6

      Kalo dicoba: bisa2 Error samrtphone kita.. Coz portingnya beda dan spek hardware si Mini ini memang Mini, so kalo pake ICS berrattt… Butuh spek hardware besar biar bisa jalanin ICS.

    • Semuanya enak. Tinggal kesukaan kita aja mau pake Stock ROM (firmware) dan custom ROM yang mana.
      Kalau untuk custom ROM – yang Gingerbread (Froyo sudah ditinggalkan), awalnya ada Andro-ID (buatan anak negeri kite), terus CM7 (juga buatan anak negeri kite), emanon, dan minimod X Final. Selebihnya buanyak banget! Kurang lebih ada belasan.
      Yang banyak orang pake:
      1. CM7
      2. Emanon
      3. Andro-ID
      4. lain2.

      Saya sendiri lebih prefer pake Emanon atau Nuswan (buat keseharian). Tapi kalo buat multimedia dan gaya-gayaan (show up ke temen2) pake CM7.😀

    • Kalo yg simple, enteng dan buat kbutuhan Online tiap hari lancar – pake Nuswan.

      Emanon jg mantep (yg versi 4), tp msh ada bug nya. Home Launcher nya suka Force Close and kalo buka Opera Mini selalu Installling… Harusnya kan lgsg kbuka kyk app bawaan Browser.

  1. Gan..ane dah upgrade ke 2.3.6 galaxy pop ne..tp terasa jd lemot..klo ane downgrade ke 2.3.4 lg bisa gk gan???klo bisa gmn caranya??
    mohon pencerahannya gan..thx..

    • Iya ni.. Sepertinya firmware ini – kurang menggembirakan : tidak sesuai catatan developernya – yang katanya makin agresif. Bagus yang S5570JVKT1 – sama2 Android 2.3.6 (versi Eropa).

      Kalo mau di downgrade – Caranya sama aja gan… Tinggal download firmware Android versi 2.3.4 dari sammobile.com >> terus flashing seperti agan upgrade ke 2.3.6 kemaren.

  2. DDKQ7 ini tambah kencang, asalnya saya flash WMKPJ 2.3.6 eropa. tapi GT-5570L di model numbernya. trus flash lagi ke DDKQ7 jadi ubah ke pop. data nya gak hilng malah tambah kencang. trus bisa disetting 3G.

  3. saya punya samsung galaxy pasang antivirus tapi si aplikasi minta root supaya maksimal,apa itu root saya cari artikel tentang root ternyata root membuka sistem kelebihan nya bisa memindahkan bisa instal room smua apps ke external melalui aplikasi move sd enabler. dan bahaya nya patal kerusakan perangkat keras.namanya manusia ya penasaran akhirnya ponsel saya root berhasil di root memang smua aplikasi bisa di blok app servernya saya pindah kan semua aplikas,apa yg terjadi widget di layar hlg error. lalu restar ponsel sy apa yg terjadi ponsel saya mati total dengan perasa an bingung sy cast mungkin lemah batrai, masi tetap sy tekan tombol power sampai 5 menit tatap saja g bisa. y udah mungkin hrs ke service center, sampai di tempat service di cek ternyata perangkat keras mati total hrs di ganti baru dan biaya nya juga lmyn sesak 900,000 . ini pengalaman sobat android pikir 2x dech klo mau di root .pdhal g oprek sistem

    • Samsung Galaxy apa gan…?
      Kok aneh ya,.. Ya mungkin gi gak mujur aja nih nasibnya agan. Coz, file .zip yang dipake buat nge ROOT. Waktu ane buka dan lihat script penginstalannya, standard kok. G ada yg aneh2. Cuma memasukkan aplikasi superuser.apk, busybox, su, sh ma sqlite3. Terus di set permissionnya.
      Ane dah nge root 9 device samsung (7 galmin, 1 gio, 1 young), semua berjalan lancar.

  4. oy gan mo tny ne…kmrn aq da upgrade ke galpop 2.3.6 dr 2.3.5 n brhasil tp ktika aq prbesar mmri intrnalx sprt yg agan posting trnyta hape aq kluar logo samsung terus…
    aq jg da ikutin smua tutor yg agan posting,tp msh ttp ga bs…ampe aq instal 2x OS nya…
    solusi nya gmn gan???
    mohon pncrahan….mksih..

  5. gan gwa dah nyoba rom beberaakali dan sangat banyak
    yang saya mau tanyain kok stiap rom pasti da bug-nya yah gan??gak sekuat firmware bawaan n tekan tombol tengah lama juga hanya keluar aplikasi yang baru di buka tidak ada pengaturan filenya??

    • firmware yang dikeluarkan dari Samsung (stock rom), sebelum dikeluarkan sudah dilakukan pengetesan berulang-ulang kali sampai siap untuk dikeluarkan. Dan juga sudah di set sedemikian rupa dengan kebutuhan pengguna smartphone pada umumnya. Sehingga jarang atau bahkan tidak akan ditemukan sebuah bug.
      Berbeda dengan custom ROM, yang cenderung lebih disesuaikan dengan kebutuhan personal atau orang2 tertentu yang punya kesamaan. Namanya juga custom… Kayak motor atau mobil custom kan juga gitu… Gak banyak di pasaran dan pasti dalemannya beda jauh.
      So, pengaturan2 / fitur2 yang ada di stock ROM akan mengalami sedikit atau bahkan banyak perbedaan dengan custom ROM. Mengenai BUG?? juga gitu. Coz, dia custom sendiri isi2nya. Bug adalah sesuatu yang wajar untuk para pecinta custom ROM. Terkadang ada juga seorang developer yang kesal, jengkel or marah, dengan pertanyaan user yang baru make custom rom buatannya melakukan komplain ini itu ke developer tsb. Karena yang diharapkan dari seorang developer, adalah menghargai karyanya dan kalau perlu membantu / mensupport pekerjaannya agar menjadi lebih baik.
      Walah2… Saia malah jadi cerita neh… Yg jelas ane bukan developer om..😀

    • hehehe iye gan ini yang gwa bingung ane yang masih newbi dalam meminimalisir bugnya apa salah nginstal yah gan
      mo nanya ajah dah ngurangin panas di hp yang udah maen di rum bagaimana yah gan?? Repp hehe

    • menurut ane DDKQ7 itu kurang bagus. Coz, waktu dulu nyoba dah ada kejanggalan waktu awal make. Rada2 laggy / lambat.
      So, ane beralih ke JVKT1 dan DXKPD. Tapi setelah berapa lama, muncul yg terbaru untuk region asia, DXKT6. Ane lebih suka dan recommended make DXKT6. Sudah ane khususkan bikin custom rom base on DXKT6, namanya iCUSTOM DXKT6. Jamin… maknyuss… Semua yang rata2 user butuhkan dah ada di iCUSTOM DXKT6.
      Check this out:
      http://www.guebantu.com/2012/05/rom-icustom-dxkt6-for-galaxy-mini-gts5570/

    • saya sedot bisa gan??galaxy fit hehehe
      maaf gan maksud DDKQ7,JVKT1 dan DXKPD dan DXKT6 apa yah gan?apakah itu hasil dari penggunaan odin?apa berdasarkan firmwarenya gan? punya ane dxkt7 ane flash rom pas ngmbalikin kayak rom samsung eh tapi kagak ada b indonesia so pakek inggris,tngks berat gan maskanya hehe

    • Semua tutor yg di blog ini khusus Galaxy Mini keluaran pertama, GT-S5570. Pop Plus kalo g salah GT-S5570I. So, ane minta maaf, g bisa byk bantu.

Kotak Pesan (Komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s