[CUSTOM ROM] NUSWAN ROM – Stable, Fast and Awesome!


Lengkap sudah, mencicipi berbagai macam custom ROM untuk smartphone Galaxy Mini. Ada banyak sekali daftar custom ROM yang bisa dengan gratis kita download di forum xda-developer. Sebagaimana seorang developer, prinsipnya adalah membangun atau mengupayakan membuat sesuatu yang sudah ada menjadi memiliki sesuatu yang lebih baik. Sebagai contoh, OS Android yang tertanam di Galaxy Mini, pada keadaan standard (dari pabrikan) hanya mampu menyimpan aplikasi sampai dengan 180MB. Namun bagi seorang developer bukan tidak mungkin untuk membuat kapasitas penyimpanan aplikasi menjadi lebih besar, dan hal ini terbukti dapat dilakukan yaitu dengan mensupport app S2E atau A2SD GUI – yang pada setelan default (pabrikan), aplikasi ini tidak dapat berfungsi.

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia modding atau developping Android untuk device Galaxy Mini ini, maka silahkan Anda banyak mencari-cari referensi di forum-forum Android, sebagai contoh di xda-developer.

Saya sendiri-pun sebenarnya ingin sekali mendalami tentang dunia modding ini, namun apa mau dikata waktunya belum tepat untuk saat ini. Sehingga saya hanya dapat melakukan sedikit polesan pada beberapa custom ROM yang sudah ada. Semoga custom ROM ini bisa menjadi custom ROM pilihan bagi pengguna Android Samsung Galaxy Mini.

Banyaknya custom ROM yang ada pada saat ini, mungkin akan sedikit membuat bingung bagi para pengguna baru Galaxy Mini. “Mau install yang ini sepertinya bagus, eh katanya ada bugnya. Gak jadi deh… Yang ini aja, tapi kurang menarik, dll.” Jadinya bingung mau install custom ROM yang mana?

Nah, kalau bisa saya sederhanakan, custom ROM ini merupakan layaknya sebuah distro Linux yang memiliki banyak sekali turunan. Ada Ubuntu, Opensuse, Redhat, Linux Mint, dll. Mau pilih yang mana buat diinstall di komputer, jawaban para master pengguna OS Linux adalah silahkan pilih dan install sesuai ‘selera Anda’. Jadi kata kuncinya adalah ‘selera’, seperti kita memilih menu makanan. Jadi yang namanya tanggapan seseorang  tentang ini-itu adalah nomor yang kedua. Jadi, silahkan tentukan sendiri pilihan custom ROM yang Anda sukai.🙂

Custom ROM yang saya modifikasi ini adalah “KHUSUS diperuntukkan bagi pengguna baru Android Galaxy Mini or common user “. Sehingga untuk urusan multimedia tidak bisa ditandingkan dengan custom ROM CM7. NUSWAN ROM ini, merupakan custom ROM yang saya modding dari minimod X Final yang kemudian saya tambahkan beberapa fitur dan aplikasi baru. Selama saya menggunakan custom ROM ini, Puji Syukur belum pernah menemukan kendala atau error. Custom ROM ini sangat cocok untuk penggunaan standard sehari-hari, seperti telpon – sms – browsing – chatting – dan multimedia.

Apa keunggulan custom ROM – NUSWAN ROM ini?

1. support A2SD GUI. Berikut gambar pemakaian memori internal setelah mengaktifkan app ini, yang hanya memakan resource  6.68MB.

2. Hemat penggunaan RAM, sehingga dapat merespon permintaan user dengan cepat.

3. App Market, Gmail, Youtube dan Superuser updated with the last su binary.

4. Otomatis rooted!!! Artinya tidak perlu lagi melakukan rooting.

5. Pastinya lancar dan stabil.

.

..

Berikut sedikit SSnya:

.

Link download : CLICK HERE.

Cara install custom ROM : READ THIS .

..

originally on XDA: http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1317278

.

~ Selamat Mencoba ~

.

62 thoughts on “[CUSTOM ROM] NUSWAN ROM – Stable, Fast and Awesome!

    • Seperti apa yang sudah saya paparkan di atas. Mengenai penggunaan custom ROM itu tergantung dari selera masing-masing. Jadi silahkan di coba dan di beri penilaian sendiri. Itu kalau tentang bagus ggak nya..
      Kalo perbedaan emanon dan nuswan:
      1. penyimpanan app2 di SD card, emanon pake S2E, nuswan pake A2SDGUI.
      2. Untuk Quick Panel di Notification bar (Wifi, GPS, Bluetooth, Rotation, dll), emanon lebih banyak daripada nuswan.
      3. waktu menjalankan aplikasi / charging, emanon lebih cepet panas daripada nuswan.
      4. dan lain-lain, karena saya baru menemukan 3 itu saja.🙂

    • masih nyaman pake emanon :3
      eh mau nanya nii buat duung tutorialnya cm7 rc 4 :p kalok mau sii

    • Kalo bener2 buat bandingin ketahanan batrenya belum pernah ngetes..
      Coz saya sering make bwt internetan, dua2nya hampir sama: 3-4 jam dah habis tinggal 15%. Cuma kalo emanon cepet panas gitu.. Kurang nyaman digenggam – takut meledak.. ha8x.😀

  1. kok si om ngaku2,,tu rom bkinan sp,bootanimation sp,,,mbok y jgn pke kta “sya”
    tu tutor bootanimation jg gk smua ny gt X,,
    tpi ●๋•ηι¢є ιηƒσ●๋•:(

    • Kan sudah saya paparkan di atas mas… Saya tidak mengatakan atau mengaku ‘saya’ yang membuat, saya hanya memodifikasi (modding). Kata kuncinya adalah ‘modifikasi’.

      Custom ROM – NUSWAN ROM ini saya modif dari minimodX Final (yang kalo ditarik ke atasnya >> minimodX Final dari emanon_v2 >> tarik ke atas lagi emanon_v2 dari Andro ID). Sekali lagi saya hanya melakukan modifikasi (modding) content/fitur nya. Keterangan lengkap, apa2 aja yang saya ubah: ada di http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1317278

      #Dari developer pembuat custom ROMnya sendiri juga tidak keberatan ketika saya share NUSWAN ROM ini.
      Jadi, mohon jangan ada kesalahpahaman… ‘Bikinan / buatan’ beda dengan ‘modifikasi’. Kalo buatan, sang developer nya create dari awal (yang belum pernah ada jadi ada) kalo modifikasi dari yang sudah ada dilakukan perubahan.

      #tutor bootanimation: saya tdk pernah share. Kalo cara gantinya memang seperti di komentar di atas, dengan file bootanimation (.zip) yang sdh sy beri link nya. Dan cara ini khusus yang ggunain custom ROM – NUSWAN ROM.

  2. *bro,, posting cara suntik bhsa donk?? kn firmware asia ny blum ad yg support bhsa indo..
    *truss.. buat nambh bot animation ny dpa2rin aj bro… gw follow truss blog lo…

    • Sori baru bales. Wah tu dia, yang masih saya cari-cari caranya. Pastinya bisa, tapi saya msh sibuk garap skripsi di bulan ini. hehe..🙂

      – Kalo buat nambah bootanimation, gak bisa gan. Bisanya ganti bootanimation. >> Next akan saya posting.

    • Saya sendiri malah belum coba itu app.
      Takut nge brick smartphone nya… sayang e ma galmin ane…

      Ada byk yg bilang berhasil tapi ada jg beberapa yg malah smartphone nya jd nge brick..

    • Bisa gan… Caranya sama seperti install emanon, masuk CWM terus install zip from sd card..
      Tapi sebelum dan sesudah install Nuswan ROM di Wipe data/cache.

    • Kalo game2 standar, semua bisa…
      Kalopun -mini- bisa maen game HD >> kadang rada lagging. Solusi: di Overclock. Tapi efeknya -mini- cepet panas dan perangkatnya jadi g awet.
      karena -mini- emang spek hardware nya juga mini alias kecil (liat spek di web gsmarena). Yang nyaman buat maen game HD, yang processor-nya gede, di atasnya mini.
      Tapi kalo di custom ROM ini, buat game NFS ma super NOVA lancar (no lagging). PES2012 ma Asphalt5 rada lagging.

    • Kalo itu bergantung provider dan jaringannya gan… Pada umumnya support up to 7.2Mbps
      Pernah tak coba pake XL, bisa ampe 3,4Mbps. Pake Wifi juga bisa segitu, tergantung dari penyedia spot…

    • Iya g ada gan..
      Kalo ane lebih suka Memo: diganti pake app Colornote. Samsung Apps: g begitu dperlukan krna smwnya ada di Android Market.
      Tapi kalo mau pake Memo, ntar bisa tak kasih file update nya. Kalo agan mau?

    • minta link update untuk Memo nya aja gan, soalnya ane udh ng-backup smw catatan di Memo, skr mw di restore g bisa coz g ada memo nya.
      klo colornote bisa baca file backup dari Memo g?

      Samsung Apps ada file update ny g gan?hehe….kdang perlu jg gan, buat pelengkap

      mksh sblmnya….

    • g perlu lewat terminal emulator, tinggal buka aja app A2SDGUI nya terus masuk ke tab Dalvik, pilih move dalvik cache to sd EXT …

  3. habis pkek nih rom, saya kok gabisa konek k inet y pdahal ud paketan gan??? ane maketin ny sesudah install rom ini, mohon pencerahan

    • Kartunya udah dicoba di modem atau device lain belum…? dan bisa konek inet ndak?
      Sy sdh lama g pake custom rom ini, tp dulu dah tak coba pakein kartu macem2 bisa… Kecuali Axis, karena di daerah t4 ane signal nya jelek.

    • 1. Apapun firmware nya bisa dipakein custom rom apa aja. Pilihannya banyak. Tergantung kebutuhan.
      2. mau install custrom dulu atau partisi sdcard sama aja. Tapi ane lebih suka partisi sdcard dulu. Partisi sdcard cuma dilakukan 1 kali.

    • tp waktu itu agan pernah bilang kalo nuswan rom itu lebih cocok ma dxkpk, mank kalo di pasang di dxkpd cocok?? trus klo pke emanon bug yang muncul ap aja yaa gan?? trus cara mengatasinya gimana bug2 itu?? oya waktu itu aqu mau download emanon dr blog agan tp ko ga bisa yaa?? mohon bantuannya gan, masih awam ne..

    • seiring berjalan waktu, pengetahuanpun bertambah gan… Dulu, sebenernya bahasanya bukan “lebih cocok” tapi direkomendasikan. Coz, base rom atau firmware yang dipake waktu bikin custom rom itu makenya firmware XXKPK. Tapi walaupun pake firmware lain bisa kok. Udah ane coba di DXKT6 (yg lbh terbaru dr DXKPD).
      Emanon yang skg sudah g ada bug nya (versi 6). Belum sempet ane publish.

    • gan mau tanya lg ne kalo custom rom yg ccok buat link2sd apa yaa?? maaf yaa banyak tanya..

    • ane lum pernah nyobain link2sd di custom rom.
      Coz, custom rom dah ada aplikasi tersendiri semacam link2sd. Biasanya S2E, A2SDGUI or lewat terminal emulator.

  4. hmmm gtu yaa gan..
    tolong di publish dunk gan versi 6 emanon, aq mw download..
    maaf yaa gan uda nyuruh2 ne..
    thanks yaa bantuannya..🙂

    • maaf baru bales. Maklum di kampung / dusun, koneksi inetnya susah,..
      Kemaren ini mau tak update tapi sekarang udah keluar yang baru emanon versi 7. Stay tune di guebantu.com aja… mudah2an habis lebaran ke 7 saya publish.

  5. Gan Link nya mati..Update link nya dong soal nya mau nyoba nuswan Nih:D
    kalo menurut agan lebih bagus mana icustom rom DXKT6 atau nuswan rom ini gan?
    Mohon jawaban nya🙂

    • Selera sih gan.. kalo icustom dxkt6 make last update firmware dr samsung.. tp ada yg bilang lebih nyaman make nuswan.. coba deh ntr ane liat di kompi ane.. msh ada pa ggak filenya.. hehe..😀

Kotak Pesan (Komentar)

