Mengenal Lisensi Perangkat Lunak (Software)


Perlu kita ketahui dan pahami bersama bahwa kebutuhan perangkat teknologi saat ini memang sangat maju dengan pesat. Hampir setiap orang di kota-kota besar memiliki perangkat elektronik yang canggih seperti komputer PC Desktop, PC Laptop (notebook / netbook), gadget smartphone (winmo, symbian, android, dll). Setiap perangkat elektronik tersebut, perangkat keras (hardware) pasti tidak akan bekerja atau berfungsi jika tidak dilengkapi dengan perangkat lunak (software).

Di internet, sangat banyak sekali tersedia berbagai macam Software. Namun di sini kita harus memahami bahwa tidak semua software dapat kita download dan digunakan secara bebas. Karena bisa kita ibaratkan bahwa software ini merupakan suatu KARYA. Yang mana suatu hasil karya seseorang pasti mempunyai nilai, yang patut kita hargai.

Ada 2 jenis lisensi software yang paling mendasar untuk diketahui:

1. Licensed: yaitu software yang berbayar. Untuk bisa menggunakan software ini, kita diwajibkan untuk membeli yang biasa kita dengar yaitu Serial Number. Yang dalam penggunaan / penyebarannya bisa untuk tunggal (1 orang) atau kelompok (organisasi, perusahaan, kampus, dll). Software yang berbayar ini biasanya bisa kita coba dengan periode waktu tertentu sebelum membayar, yang biasa kita dengar dengan nama Trialware dan Shareware. Contoh: OS Windows, Microsoft Office, Adobe Collection (Photosop, Indesign, Premiere, dll), CorelDraw,Winamp Pro, IDM, dll.

2. Freeware: yaitu merupakan software yang benar2 GRATIS. Bebas kita unduh dan sebarkan ke siapa saja tanpa membayar sepeserpun kepada pembuat software tersebut. Jenis2 Freeware sendiri ada open source (gratis dan bisa kita modifikasi – contohnya linux), adware, beta, alpha, RC, dan Final Release. Contoh: OS Linux, Open Office, Mozilla, Chrome, Winamp, dll.

.

Untuk masa-masa sekarang ini, kita ketahui bahwa banyak software-software yang berbayar (licensed) sangat mudah kita dapatkan. Namun perlu kita sadari bahwa penggunaan software berbayar yang bisa kita gunakan tanpa membayar itu merupakan suatu pelanggaran (illegal) – melanggar UU Hak Cipta – menggunakan software bajakan.

Maka dari itu, biasakanlah untuk menggunakan software2 atau app2 yang FREE.

Di Blog ini saya juga sedikit sekali melakukan pembahasan / membuat tutor tentang cara penggunaan software / app yang berbayar, melainkan software yang FREE atau gratisan.

Kotak Pesan (Komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s