Mengembalikan Kapasitas SD Card Seperti Semula


Dari postingan yang pernah saya buat mengenai Cara mempartisi SD Card Galaxy Mini , banyak yang bertanya bagaimana caranya mengembalikan kapasitas / kondisi sdcard seperti semula (hanya ada 1 partisi). Sebetulnya ketika kita mencoba melakukan partisi seperti yang ada di tutorial Cara mempartisi SD Card Galaxy Mini , kita sudah mencoba melakukan proses Delete dan Create. Dari kedua proses itu, tentunya pertanyaan mengenai cara mengembalikan kapasitas sdcard seperti semula sudah terjawab. Namun, masih banyak yang belum mengerti. Mungkin ada sedikit kekhawatiran jika sdcard rusak atau gimana-gimana. It’s fine.. Maka dari itu, saya coba buatkan tutorialnya di sini… Semoga dapat membantu.. :)

REMEMBER!! Do With Your Own Risk.

Penting!!! Anda perlu melakukan Backup (copy) isi semua SD Card ke hardisk komputer. Karena semua data yang ada di dalamnya akah terhapus (format).

.

Berikut Step by step cara mengembalikan kapasitas / kondisi sdcard seperti semula:

1. Download MiniTool Partition Wizard – HOME yang Free di sini.

2. Install software tersebut (Jika sudah menginstall software ini, maka step 1 dan 2 ini lewati saja).

3. Cabut / lepaskan SD Card dari smartphone Galaxy Mini, lalu masukkan SD card ke Memory Card Reader, setelah itu tancapkan Memory Card Reader ke komputer.

4. Buka software MiniTool Partition Wizard Home Edition.

5. Cari nama SD Card Anda, biasanya di Disk 2. Karena ane punya 2 hardisk, maka di komputer ane kedetect sebagai Disk 3. Dan pastinya SD card kita akan ada 2 partisi (atau lebih, tergantung sebelumnya melakukan berapa banyak partisi).

6.  Kalo sudah ketemu, klik kanan partisi SD card yang pertama  lalu pilih menu >> Delete. Catatan: punya ane partisi ke 1: 6.95GB dan partisi ke 2: 525.56MB

7. Klik kanan lagi partisi SD card yang kedua lalu pilih menu >> Delete.

Kalo kita perhatikan partisi SD card yang pertama berubah status menjadi Unallocated space seperti tampak pada gambar di atas.

8. Jika Anda mempartisi SD card lebih dari 2 partisi, maka lakukan hal yang sama seperti pada step kesatu atau kedua (Klik kanan partisi X lalu pilih menu >> Delete). Nah, jika semua partisi sudah dihapus / di delete, maka akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.

SD card sudah tampak menjadi 1 partisi dan ditandai dengan tanda asterix (bintang) serta kapasitasnya juga sudah seperti semula.

9. Sekarang tinggal Klik Kanan pada partisi tersebut lalu pilih menu >> Create

10. Atur / setting sesuai gambar berikut, lalu klik tombol OK.

Untuk nomor 3: silahkan beri nama sesuai keinginan Anda dan untuk nomor 4 pastikan Size And Location sesuai besaran kapasitas SD card Anda (punya ane 7.46GB), yang pasti untuk Unallocated Space Before dan After 0.00 MB seperti gambar diatas. Jangan seperti pada gambar di bawah ini,

Kalau seperti gambar di atas, nanti akan ada partisi yang ke-dua lagi..

11. Setelah klik tombol OK, maka akan tampak seperti pada gambar di bawah ini:

12. Klik tombol Apply.

Muncul gambar seperti ini,

Pilih Yes.

13. Tunggu prosesnya sampai selesai, seperti pada gambar di bawah ini.

Klik OK, dan SD card Anda sekarang sudah memiliki kembali seperti semula! Terakhir close program MiniTool Partition Wizard Home Edition lalu copy kembali semua isi SD card yang tadi telah di backup jika perlu. :D

.

~ DONE – Selesai ~

.

79 thoughts on “Mengembalikan Kapasitas SD Card Seperti Semula

  1. gan ini kok SD nya dimasukin file lewat PC uda masuk tapi pas dipindah ke HP ga ada :( uda nghapus smjuanya lewat pc uda bisa tapi pas dimasukin ke HP semua kembali seperti biasa :( ini solusinya gimana gaan ? :( plis help me

    • Maksudnya kembali seperti biasa/semula itu gimana gan?
      Ane belum nge-dong…

      Kalo kasusnya, SD-card kebaca di PC tapi gak kebaca di HP. SDcard-nya di format ulang lagi: beresss..

      Skenario dari tutorial ini, tidak lain, tidak bukan adalah ngilangin semua partisi yang ada.
      Sehingga SDcard cuma punya 1 partisi dengan kapasitas standardnya. Misal, sebelumnya ane punya SDcard 8GB dan udah ane partisi jadi 2, partisi 1 – 6GB dan partisi 2 – 2GB. Tentu sewaktu di HP or PC, sdcard ane kebacanya cuma 6GB. Nah, pengen ane balikin seperti semula jadi 8GB artinya di HP or komputer kebaca 8GB, caranya ya kayak yang ditutor ini…

  2. gini hlo gan SD ane kyk ke protect apa gitu gtau jadi klo masukin file apa gt ke SD card lewat PC uda complete gt hlo . tapi pas SD card dipindah di HP file itu enggag adaa gituuu

  3. gan ane minta maaf ya uda tanya sambil nyolot” gt soalnya ane panik :( yauda ane beli 16 gb lagi dan ane partisi ulang seperti awal :(

    • Kenapa harus beli baru lagi gan…? Sejauh SD card tidak rusak dan bisa digunakan untuk write/read, masih tetep bisa kok dipartisi…

  4. ndak bisa og gan uda aku ulaaaaang” trs gabisa abis di apply di minitool gtu malah balik kyk semula lagi :( huuh pdhal aku cek jg card readernya gadalam posisi lock

    • hmm… gitu ya.. Kalo ada Live CD Linux / OS Linux Ubuntu, bisa dicobain pake Gparted Partition.
      Biasanya kalo ane g berhasil lewat software Mini Tools ini, ane lgsng switch ke OS Linux Ubuntu.

  5. Halo min, gini saya kan mau balikin sd card saya ke satu partisi, tapi malah saya lakukan dengan wipe to zero pake mini tool, jadi sekarang kapasitas sd card saya 0 mb, hehee, gimana cara balikinya yah?

    • Wah… ane lum pernah coba.. Wipe itu kan artinya membersihkan isi disk, kalopun pake software recovery tool untuk melakukan recovery data juga ndak bakal bisa. Kalo Format itu kadang2 masih bisa dilakukan recovery.
      Kalo dicoba Delete Partition terus create partition lagi bisa g? Kalo g baca-baca manualnya di sini:
      http://www.partitionwizard.com/support.html
      or tanya ke mereka by email.

  6. Oke deh, saya coba nanti saranya, soalnya kasian itu sd card 8gb, huhuuu.. Tp kalo nemu caranya kasih tw yah, :-) , Makasih min, sukses selalu..

  7. TQ bgt gan info nya, sedikit berbagi case ane.
    pertama SD card card ane merk VGEN 8GB ga baca rada oon ga lulus kali di perguruan tinggi VGEN, trus nanya mbah google dikasih tau cara bikin ijazah instant dengan metode kurikulum FLASH dengan mata kuliah HP Drive Key Boot Utility sayang cuma lulus dengan IPK 4GB kemungkinan beda almamater kali VGEN VS HP. langsung tanya ke mbah google lagi nanya kursus tambahan ketemu di blog agan dengan mengikuti gambar gambar yang tertera (maklum bacanya masih terbata2) akhirnya SD card ane bisa lulus dengan IPK 8GB.

  8. gan mo nanya sd card ane kenapa ga kedetect di kompi setelah di partisi lewat hape ya gan.,.,pake clockworkmod partisinya terus sdcard ane jadi ke format,.,tau solusinya ga gan biar sd card ane bisa kedetect lagi di kompi.,.,thank gan sebelumnya.,.,

    • Biasanya kalo di Windows g ke detect, saya coba ke Ubuntu. Kalo tetep g ke detect juga, berarti sdcardnya rusak.

      Mau g mau, beli baru lagi deh…

  9. gan, ko sd saya setelah semua langkah2 yang di post sama agan malah balik lagi ke partisi awal ya gan? (ga berubah) . padahal stepnya sama.. trus sd saya jadi ga ke detect di pc saya. ini gmna gan?

    • Berarti ada Step by Step yang salah. Ane sudah sangat jelas mbuat tutorialnya… Di tutor ini ane ngembaliin kapasitas SD card yg dikarenakan proses partisi sdcard. Yang tadinya ada 2 partisi, ane jadiin 1 lagi. Dulu ane pernah salah step, gara-garanya ada step yang kebalik. Jadinya setelah proses Apply selesai, sdcard g kebaca.
      Waktu itu solusinya ane utak atik di OS Ubuntu pake software Gparted. Kalo g punya OS Ubuntu, coba aja restart komputer terus tancepin sdcardnya and buka software MiniTool Partition Wizardnya.. Mudah2an ke detect, kalo ke detect lakukan format ulang..

    • BUKAN MASALAH PARTISI, YANG JADI MASALAH KAPASITAS SDCARD SEKARANG ITU 45MB, MAU DI DELET ATAU DI APAIN TETEP SEGITU.. PADAHAL PUNYA DIA MUNGKIN 2GB ++
      GIMANA SOLUSINYE

  10. memoriku yang awalnya 2 gb sekarang jadi 1 gb setelah dipartisi, aku sudah coba untuk didelete tapi tetep aja jadi 1 gb, tolong bantu gimana caranya supaya memoriku kembali jadi 2 gb lagi..trims

    • proses delete nya gimana emang..? kalo kayak yg di tutor di atas, 98% pasti bisa balik lagi kyk semula. 2% nya krn kerusakan perangkat.
      metode delete partisi sdcard sama aja kayak delete partisi harddisk komputer.

  11. om mau nanya
    kan saya udah partisi ke ext4 tapi pas oprek hh saya tau2 format ext ganti sendiri jadi ext2, saya mau balikin lagi keposisi tidak terpartisi. saya ikutin langkah2 disini tapi kok pas step terakhir pas apply nya balik lagi jdi kepartisi ya? mohon pencerahannya :D

    • wa… kalo kasus ini ane belum pernah ngalamin. Dari sekian kalinya ane buat partisi n gabungin lagi, baik hardisk or sdcard smw lancar2 aja. Step2nya simple, cuma delete semua partisi terus create baru lagi…

    • buat ngecek:
      Ambil screenshot dr HH agan, bisa pake app Screenshot It ato yang semacamnya.
      Terus lihat hasilnya di PC.
      Kalo gambarnya normal kayak screenshot2 yang ada di blog ane, berarti LCD nya yg rusak.
      Tapi kalo hasil screenshotnya sama kayak yang ada di layar HH, berarti bisa karena aplikasi tertentu. Kalo g tahu pasti karena aplikasi apa, lakukan flashing ulang.

  12. Gan ane udh ikutin cara yang diatas..kapasitas memorynya juga udah balik tapi kok pas mau dipake minta format terus. bisa di format tapi udah mau selesai formatnya malah uneable. Itu gimana gan ? mohon petunjuk

    • blm pernah ngalamin gan… kalo dah di format ulang di komputer trs dipake di galmin g bisa, berarti sdcardnya dh error.. ada harga ada rupa.. bukannya ane mu promosiin microsd merk tertentu, tp selama ane pake transcend 8GB class10 ampe skg masih lancar2 aja. Dah g keitung brapa kali mlakukan format, partisi, wipe, format, partisi, wipe…

    • kalo di mini tool partition wizard, masih bisa dilakukan delete partition terus format ulang, it’s fine… Tp kalo dh g bisa, mau gimana lagi… Kualitas sdcard nya yg not good.

  13. udah aq coba gan>>>>
    hasilnya sama
    masih ga isa gan
    memory semula ga isa balik.

    sd card q memory semula 2gb.
    trus ga tau knapa tau tau jd 256mb.

    gimana ni gan

    • Jika memang begitu kondisinya, berarti sdcard agan sudah mengalami kerusakan.
      Tapi se-pengelaman saya selama ini, memang saya belum pernah mengalami hal tersebut. Kapasitasnya bisa berkurang 1.5GB lebih..
      Jika kapasitasnya berkurang misal dari 2GB jadi 1.7GB, hal tersebut masih wajar..

  14. gan ane dah berhasil mengembalikan keadaan microsd spt semula dan di pc juga microsd dapat terbaca, namun kenapa saat saya masukkan ke hp kok jadi tidak terbaca ya?

    • wah.. ane bukan spesialis sdcard e.. hehe.
      Kalo masih garansi bawa aja ke tempat agan beli… Biasanya di replace ama yang baru.

  15. gan hp ane sudah terlanjur ane reset ulang krn udh panik n tanpa menyimpan cadangan, semua yg ada di memory card ane hilang semua. terus ini gimana gan… tolong jwbnnya yaa

  16. saya mencoba tutorial seperti yang mas orie buat, tapip bedanya saya langsung dari android os menggunakan fitur usb storagenya android, setelah saya lepas ternyata memorinya g kedetek oleh komputer bahkan oleh android sekalipun.saya membuat format fat32 sebesar 14gb dan sisanya linux swap, setelah aply changes semua partisinya g kedetek gan..mohon pencerahannya…

    • seperti yang saya sebutkan di tutorial.. untuk partisi sangat direkomendasikan menggunakan card reader ato modem yang ada slot microsdnya…
      Dicoba format ulang make card reader gan..

  17. maksdnya gini gan, udah di delet smua partisi berhasil jadi 1 partisi create jg berhasil. katika di aplly selesai tiba2 balik masih 2 partisi lagi. dan di PC gak detect jd gak bs diapa-apain, detectnya cuman di minitool part.wizard. untuk di hp detect, tapi dibuka gak bisa laporannya minta di format, diformat dr hp gagal.

  18. Gan sdcard ane kagak bisa di format ato di hapus partisinya ,
    ane udah hapus manual semua isi nya, ane delete kayak di atas, format lewat HP, pertama sih kosong, tapi ane buka lagi muncul file yang udah ane delete tadi seperti biasa gan . :( solusi dong :(

  19. Gan ane udh prtisi sd card ane,trus ane mau delete prtisi.pas sya colokin catrider n sd card ane malah g kbca d pc,tp d hh ane kebaca.ap solusiny?

  20. makasih gan caranya berhasil.
    ane pake micro sd 8gb sandisk partisi 1: 6.24 yg kedua nya 1.10
    cara ngebalikin jadi satu lagi gini caranya:
    klik kanan pada partisi pertama lalu pilih delete
    yg patisi kedua juga sama klik kanan pilih delete, nanti partisi yg ke 1 samayg ke 2 bakal jadi satu lagi.
    kalau udh jadi satu klik kanan lalu pilih create
    di kolom create as ganti jadi primary, di kolom file system ganti jadi FAT32 kalau udh pilih ok.
    lalu klik apply di pojok atas sebelah kiri, tunggu deh sampe selesai.

Kotak Pesan (Komentar)

