[TUT] Cara Install script a2sd di CyanogenMod CM7 RCX.X Untuk Mengatasi Memory Internal Galaxy Mini


Sudah kita ketahui bersama bahwa Memory Internal smartphone Galaxy Mini sangat kecil, yaitu hanya 180MB. Bagi seorang pengguna biasa yang kebutuhannya hanyalah untuk browsing dan kebutuhan aplikasi office yang ringan-ringan tentu tidak akan menjadi suatu permasalahan. Namun sebaliknya, bagi pengguna -mini- yang suka nge-game dan install aplikasi-aplikasi yang besar (atau aplikasi-aplikasi kecil tetapi dalam jumlah yang banyak) tentu akan menjadi permasalahan, karena setiap kali install aplikasi baru akan gagal dan mendapatkan peringatan “Low Space memory Internal”.

Maka dari itu, perlu suatu trik / cara agar permasalahan tersebut tidak muncul. Caranya adalah dengan meng-install script a2sd.

Berikut ini adalah step by step install script a2sd.

1. Bahan yang harus di download: dtapps2sd-2.7.5.3-beta04-signed.zip

2. Copy / simpan file tersebut di SD card Galaxy Mini.

3. Masuk ke CWM (Recovery Mode). Jika si -mini- masih hidup, pencet tombol Power yang lama, maka akan ada banyak opsi. Pilih Reboot >> Recovery. Atau matikan -mini- dan pencet tombol Power On + Home Button secara bersamaan.

4. Pilih menu mounts and storage >> mount data dan mount system.

5. Kembali ke menu utama, pilih menu install zip from sd card, lalu pilih dtapps2sd-2.7.5.3-beta04-signed.zip >> install.

6. Kembali ke menu utama, pilih menu reboot system now

.

Selanjutnya:

7. Buka app Terminal.

8. Ketik su lalu enter (ada permintaan super user, pilih Allow).

9. Keluar / close dari app Terminal tsb dan buka kembali app Terminal.

10. Ketik kembali: su lalu enter.

11. Ketik a2sd check lalu enter.

Jika muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini, lanjutkan ke step berikutnya. Jika muncul pesan a2sd not found (tandanya script a2sd belum sukses terinstall – silahkan ulangi kembali dari langkah 3).

12. Ketik a2sd zipalign lalu enter.

13. Ketik a2sd cachesd lalu enter. Maka si -mini- akan reboot, dan tunggu sampai hidup kembali.

.

~ Selesai ~

.

42 thoughts on “[TUT] Cara Install script a2sd di CyanogenMod CM7 RCX.X Untuk Mengatasi Memory Internal Galaxy Mini

  1. ,padal ane pake micro sd transcend class 10,baru beli,,,,cuman anehnya tetep jalan normal smuanya gan,,,,klo pake emanom 4 g muncul gan
    waktu preparing sd card,,ttp jalan normal,,,,

  2. Boz,, trik itu bsa dtrapn d firmware xkpk,custom rom emanon v4 g??(Jd galmin gw seriny 2.3.6)
    Soalny.. App s2e kn g fungsi.. Pdhal udh gw partsi kn SD ny..
    Truss.. Ad g ne trik buat nambhin memori RAM ny?? Emanon v4 mkan bnyk memori RAM boss..
    Sorry boz klo bnyk nany n ptny’ne anh2,sblm n sSudhe gw ucpin mksih bOz,,

    • 1. di firmware KPK and emanon_v4: Belum pernah saya coba. Coz kalo stock ROM, sy pkenya firmware JVKT1. CustRom emanon_v4, S2E dt4 sy brjalan dgn baik.
      2. Trik nambah memory RAM belum nemu. Kalo sy biasanya Remove / uninstall app2 yg g perlu dan mkn byk memory. Cara liatnya di menu Settings >> Aplications >> Running Services

  3. gan kalo d CR CM 7.2 RC 5 gk bisa memperbesar memori internal yach…???
    kalo mau buka app terminal tuh dmn?
    ane cari ko gk nemu sich?
    please help me……

    • Gak bisa gan…
      Yg memori internalnya bisa ditambah cuma Stock ROM tertentu.
      Kalo CM7 pakenya script a2sd, tutorialnya dah ane buat juga.

    • Gan ane udah coba tpi ko acces denied terus yach….?
      O ya tolong buat tutorial install CR chocobread donk…
      ane liat d forum sebelah tp kurang jelas n udah d coba tp gagal. thanks be 4…!!! :)

    • Coba di Clear Data aja data app Superuser nya (menu Setting >> Applications >> Manage Applications)
      Ato buka app Super User terus di clear mana yg di blok (Deny) atau yang dipersilahkan (Allow)..
      Ok. Ntar ane posting…

    • Iya gan harus di partisi dulu.
      Class 2 ndak masalah. Tapi tetep harus diingat: Resiko ditanggung sendiri.
      Karena 99% bisa 1 % human error.

  4. gan, setelah ikutin tutor ini, hape ane malah bootlop gan, ane dah wipe data & case, berkali2. tetep gk mau, terpaksa ane flash ulang rom nya. gmna ne gan?

    tolong dibantu yah
    ane pake cm7 rc5

    • Mungkin tabrakan kali gan, cm7 rc5 nya dah pake script app2sd yg laen.
      Kayak CR RazrUI jg gitu.. Di install script a2sd or s2e g bisa. Akhirnya pake link2sd deh…

  5. gan rom cyonogen mod..cari market and paystore x d’mn ya saya mw download aplikasi…and ane sdh ikutin yg d’atas tpi memori intrnal ane msh tetap gan..itu g’mn ya tolong d’bantu ya

  6. //bro kalo di cm 9 gabisa ya ?i
    hape ane pertama pas mau buka langsung matti trs ane hidupin smuua a plikasi hilang gada yg sisa. trs a2sd di titanium backup 0 Bytes gue kaget gimanaaa niii :(

    • CM9 nya yg mana gan… ada sumber link web nya?
      Kalo di forum biasanya ada keterangan detail dr custrom. And sebangsa CyanogenMod pakenya S2E, kalo diinstall a2sd g bakal bisa..

    • agan habis ngapain tu…?
      sebetulnya sih.. kalau mau nambah memori internal atau istilahnya utak-atik device biar memori internalnya g bakal kepenuhan,.
      caranya memang banyak.. kita sbg user silahkan tentukan sendiri mau pakai metode apa tuk melegakan memori internalnya.
      dan biasanya ketika kita ingin melegakan memori internal, sangat disarankan setelah melakukan flashing / reset data.
      Jadi, alurnya itu:
      1. backup semua data yang dianggap penting
      2. lakukan flashing ulang (agar system fresh seperti baru)
      3. Opsional, karena tergantung user. Mau install custom rom atau tetap menggunakan rom bawaan.
      4. baru deh ngelegain memori internal. Jika menggunakan custom rom, sudah ada sendiri caranya. Tinggal dibaca aja postingan tentang custom rom yang dipake.. Nah kalo yang pake rom bawaan, bisa menggunakan aplikasi Link2SD (tata cara instalasi Link2SD jg sudah banyak di internet).
      5. terakhir tinggal instal2 aplikasi.
      So, gak bakal ada aplikasi yg hilang or corrupt seperti yg agan alami…

Kotak Pesan (Komentar)

