Apa sih kelebihannya kalo smartphone Android di root?


Modding / customize smartphone agar mendapatkan tampilan yang menarik dan performa yang tinggi memang gak da habis-habisnya! Sebelum membahas tentang manfaat apa aja yang didapat setelah smartphone Android di root, ada baiknya kita ketahui dulu apa kekurangannya. (Yang belum tahu apa itu root, baca ini)

Adapun kekurangannya adalah:

1. Hilangnya Garansi Resmi dari Samsung (atau vendor hp android lain; LG, Motorola, HTC, dll.)

2. Karena root ini, punya hak akses yang paling tinggi (superuser) yang bisa mengotak-atik file system; jika kita salah edit/hapus file atau sembarangan install app (yang support untuk root user dan kita tidak tahu apa kegunaannya) maka bisa jadi system smartphone akan rusak/error. Seperti: smartphone jadi nge hang, bootloping (nge restart terus) walaupun sudah di hard reset lewat recovery mode, sering force close, dan lain-lain. Untuk itu, perlu bagi kita browse / cari-cari postingan yang valid dan jelas, paling tidak sudah di testing oleh pembuat posting. Biasanya jika terjadi kendala dengan file system yang rusak, hal yang bisa dilakukan adalah install (flashing) ulang.

Kekurangannya memang hanya seperti itu dan sedikit beresiko (poin 2 – tapi hal itu dapat di cegah), oleh karena itu banyak pengguna Android yang melakukan rooting pada smartphone Android miliknya. (termasuk saya, hehe.. :D .)

Berikut ini manfaat atau kelebihan-kelebihan yang di dapat jika smartphone Android sudah di root:

1. Bisa melakukan full backup + restore app2 yang terinstall di smartphone (pake app Titanium Backup). Sehingga jika suatu saat ada trouble dengan smartphone (biasanya solusinya di hard reset), maka app2 yang sudah ada sebelumnya dapat dikembalikan (restore) seperti semula.

Sebuah app / aplikasi yang terinstall di smartphone android, akan menyimpan 2 file yaitu file .apk dan file data. Smartphone android standar (tidak di root) hanya dapat melakukan backup file .apk saja. Jika kita ada trouble dengan smartphone, maka yang bisa dikembalikan / restore hanyalah .apk saja dan kehilangan file data. Oleh karena itu, misal kita sudah maen game Angry Bird yang sudah mencapai level atas, maka kita akan mengulang lagi dari awal. Ngeselin bukan??? Tapi jika smartphone Android sudah di root, ini bukanlah masalah, karena file data nya dapat dikembalikan.

2. Bisa menginstall app2 apa saja (app non root dan root user). Nah kemampuan inilah yang menjadikan smartphone android root user menjadi lebih istimewa. Diantaranya app2 yang banyak di install oleh pengguna android root user:

a. A2SDGUI : digunakan untuk menambah memori internal smartphone (seakan-akan), seperti kita ketahui bahwa kapasitas memori internal smartphone terutama Galaxy Mini sangat kecil, yaitu hanya 180MB. Untuk install 4 game2 besar dan app2 standar (kira-kira ada 50 app) itu sudah penuh. Nah dengan A2SDGUI ini, yang memanfaatkan microSD sebagai memori internal tambahan. Masalah tersebut dapat diatasi. Mau install 200 app, monggo… Sangat bisa! Tapi untuk menggunakan app ini, tidak sembarangan! Ada petunjuk / caranya, yang pasti agak ribet dan njlumit. Kalo saya mah mending sekalian aja install custom ROM. :D

b. AdFree : digunakan untuk menghilangkan iklan2 yang ada di suatu aplikasi, terutama app2 yang FREE. Rasanya jengkel kan, sewaktu asyik2 maen game ada iklan kotak persegi panjang nongol. Sangat mengganggu mata. Solusinya sebenarnya gampang yaitu install app yang berbayar, pasti gak ada iklan. Tapi kalau harus menginstall semua app yang berbayar, KeRe…!!! So, pake app AdFree ini aja >> solved!

c. Battery Calibrator : digunakan untuk kalibrasi baterai. Jika baterai dirasa terlalu cepat habis / boros, pake app ini lumayanlah jadi lebih irit dikit. Pastinya dengan penggunaan yang sama (normal seperti pemakaian biasanya).

d. Better Terminal Emulator : digunakan untuk melakukan perintah-perintah teks (command line / cmd kayak di windows). Bagi pengguna linux, pastinya gak asing dengan ini, karena perintah-perintahnya sama.

e. Font Changer : digunakan untuk mengganti font standar dengan font2 yang kamu senangi.

f. Titanium Backup : seperti pada ulasan di atas yaitu digunakan untuk melakukan backup applikasi.

g. dan lain-lain. Banyak banget lah pokoknya. Kapan2 akan saya posting satu per satu app2 nya.

3. Bisa ganti bootanimation, pastinya pengen lah waktu awal2 ngidupin smartphone gak melulu logo samsung aja yang muncul. Contoh bootanimation.

4. Bisa ganti tema, status bar, icon battery, popup, window, dan lain-lain. Gantinya bisa offline atau online lewat UOT Kitchen.

5. Bisa tweaking like this. (advanced user)

..

~ Yap, sekian dan terimakasih! ~

..

About these ads

42 thoughts on “Apa sih kelebihannya kalo smartphone Android di root?

  1. Ping-balik: Cara rooting (nge-root) hp Samsung Galaxy Mini (Android versi 2.3.4) « Orie1212's Blog.

  2. Ping-balik: “Quick Boot” cara cepat restart, turn off dan recovery mode di Android « Orie1212's Blog.

    • super user itu aplikasi buat memonitor aplikasi root, yg berhak / membolehkan aplikasi root digunakan atau tidak.
      Tidak ada cara petunjuk pemakaiannya secara khusus.
      Kalau sudah di root, sekarang kembali lagi ke agan. Kebutuhannya gimana…
      Contoh ane sendiri, setelah di root:
      1. install aplikasi AdFree: buat ngilangin iklan2 di game / aplikasi yg ada iklannya.
      2. install aplikasi Quick Boot: ane sering masuk ke Recovery Mode, buat install Tema (ganti icon batre, signal, wallpaper, dialler, dll).
      Ketimbang harus matiin device, terus mencet kombinasi tombol recovery = ribet. Mending pake aplikasi ini, sekali pencet beres…
      3. install aplikasi Font Installer: buat ganti2 Font. Pilihannya banyak banget and keren2, ketimbang Fontomizer.
      4. install aplikasi Titanium Backup Pro: buat backup and restore aplikasi2 yg udah terinstall. Kalo buat aplikasi game, sangat penting banget nih aplikasi Titanium backup, misal udah maen game ampe level tingkat menengah, terus device error dan harus di flashing, tinggal restore aja. Nah sewaktu buka app game tsb otomatis sama, sudah samapai level tingkat menengah. Beda ama aplikasi bakcup lainnya, kalo di restore, cuma mbalik app gamenya doang.. dan levelnya kembali ke 0, alias maen dari awal.. Capek nya…
      5. sama ngetiknya juga rada capek… Yg jelas masih banyak lagi aplikasi2 root yang bermanfaat… Semua ada di Google Play..

    • mas kalo cara bikin hp android yg gk multi touch jd multi touch kayamana y mohon infonya

  3. Saya pake GIO, udh saya upgrade ke gingerbread 2.3.4 via kies. Tp rasanya masih kurang, mgkn klo di root lbh mantap yah??
    Tp saya masih agak takut klo diroot, takutnya matot / hp jado ngehang. Apa bner klo gagal bs ngehang / matot mas. Tolong sarannya..

    • Sebenarnya gak terjadi apa2 kalo gak berhasil nge root. Gak akan trjadi nge hange or matot.
      Coz cara kerja rooting itu, berusaha untuk menyisipkan beberapa file agar masuk dan terinstall / terintegrasi di dalam ROM.
      Nah kalo ROM nya tdk support buat disisipi, pastinya rooting akan gagal.
      Jadinya cari dan ikuti tutor cara rooting yg benar sesuai dgn tipe HP yg dimiliki.

      Jd nge hange / matot bs jd iya, kalo smbarangan install app dan tdk tahu pggunaannya misalnya app ROM manager. Tentunya app2 yg dimaksud app utk Root User.

    • Berarti smartphone agan belum di root! Atau kalau sudah di root – ROM yang agan pake gak support ama app ini.

      ROM: maksudnya adalah Stock ROM (firmware: S5570OLBKPD, S5570JVKT1, S5570XXKPK, dll.) Atau Custom ROM (CM7, Emanon, dll).

      Tapi untuk Custom ROM: semuanya dah support buat njalanin app A2SDGUI ini. Yang gak support biasanya Stock ROM.

  4. ane kan mau flashing ganti ginggerbread 2.3.6 dengan rom emanov emanon_rom_v4(yg denger” gak bisa di root)
    backup aplikasi (pake Titanium Backup) harus root, maka buat restorenya apa juga harus root?

    • He…? Denger kabar dr mana gan…? Salah tu berarti infonya.
      Emanon ROM – itu kan salah satu Custom ROM. Nah yang namanya custom ROM pasti ada app superuser, busybox dan su binary file, yang berarti ketika smartphone diinstall custom ROM maka otomatis smartphone tsb sudah di root.
      So, sangat jelas kalau emanon support root user.

    • berarti setelah ane pasang Emanon ROM
      udah dalam kondisi root tanpa di apa”in lagi ya gan?

    • A2SDGUI biasanya sudah include di custom rom atau custom rom yang kernelnya support sd EXT dan di kasih script app2sd.
      Perjalanannya cukup panjang. Mending install custom rom nya aja langsung, dah otomatis root and bisa extend memori internal.

    • jadi ga usah pake a23sdgui???
      langsung custom rom aja???
      trus apk root agan suka donlod dmn ??
      hehe..
      makasih bgt, bnyak mmbantu..

    • yapz… betul sekali…
      apk root, maksudnya aplikasi2 buat root device? Di Google Play banyak…
      Biasanya ada keterangan, need superuser / root device.

  5. wah…
    blognya bagus juga nih..
    numpang nanya min.. maksud custom rom itu apa ya? masih newbie
    ane punya galaxy w masih ada garansi kalo di root sayang gk ya/ yhx

    • tidak semua device support Kies Air..
      Kalo support di menu Kies Samsung nya, jika ada file update firmware terbaru maka otomatis muncul penawaran update firmware.

  6. sesudah di root aplikasi facebook, twitter, gmail, browser, playstore jadi ga bisa dibuka min,, tolong pencerahannya.. jadinya pake opera mini dulu browsing2nya.. hiks

Kotak Pesan (Komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s