‘SAMMOBILE.COM’ Situs FORUM resmi (official) SAMSUNG


Setelah sekian lama menggunakan smartphone Android buatan Samsung yaitu Samsung Galaxy Mini (GT-S5570), saya ingin sekali berbagi informasi tentang Galaxy Mini ini… Dari semua apa yang saya ketahui. Karena kemarin juga ada yang memberikan masukan untuk menuliskan tutorial caranya flashing / upgrade / downgrade / update (haizz… panjang banget) firmware Galaxy Mini ini. Sebenarnya sudah banyak banget tutor2 yang menjelaskan tentang hal tersebut, tapi tak apalah. Semoga apa yang nantinya saya posting dapat memperjelas dari tutor2 yang ada.

Untuk saat ini, saya hanya akan berbagi tentang satu situs web yang sangat penting untuk diketahui bagi para pengguna Android Samsung. Nama situsnya adalah sammobile.com. Dahulu, awal-awal pertama kali saya punya hp Android ini, yang pertama kali saya cari tahu infonya adalah cara customize, mempercantik tampilan, tweaking  agar performa jadi lebih kenceng dan stabil.

Setelah browsing sana-sini, saya tertarik tentang suatu bahasan kalo hp Android (merk dan tipe tertentu) bisa di-upgrade. Yang artinya kita bisa menaikkan versi hp Android kita ke versi yang lebih tinggi, seperti contoh hp Android Galaxy Mini ini, yang versi Android aslinya (dari pabrikan – beli baru / buka bungkus) adalah Android versi 2.2.1 atau Froyo. Dari Android Froyo versi 2.2.1 kita bisa upgrade / update ke Android Gingerbread mulai dari versi 2.3.3 , 2.3.4 dan 2.3.5 (yang paling terbaru untuk Galaxy Mini). Yang selanjutnya FILE yang digunakan untuk proses upgrade dinamakan firmware .

Nah, di situs sammobile.com inilah tempat atau bisa dibilang gudangnya firmware smartphone Samsung. Di situs ini tersedia sangat lengkap! Contohnya saja firmware untuk Galaxy Mini, di sana sudah dikategorikan tersendiri, ada yang untuk wilayah Eropa, Asia, Arabic, Provider tertentu, dan khusus untuk US. Untuk versinya sendiri juga sangat banyak, mulai dari versi 2.2.1 sampai dengan versi 2.3.5.

Selanjutnya untuk firmware yang dikeluarkan secara resmi disebut Official ROM atau Stock ROM. Sedangkan stock ROM yang dimodifikasi (oprek2 sendiri – sesuka hati)  disebut Custom ROM. Perbedaan Official ROM dan Custom ROM yang sangat menonjol adalah mengenai kesalahan-kesalahan (BUG) program, yang pada umumnya bug tersebut banyak dimiliki oleh Custom ROM. Sehingga tidak heran, kalau kita flashing / upgrade memakai custom ROM, smartphone kita jadi nge hang, wifi tidak bisa konek (susah konek), keyboard style 3×4 tidak ada, sering FC (Force Close), dan lain-lain. Tetapi biasanya tidak lama dari custom ROM tersebut dikeluarkan oleh pembuatnya, bug-bug tersebut dapat segera dibenahi.  Namun walaupun begitu, custom ROM punya banyak sekali kelebihan, diantaranya dapat mensupport A2SD (menjadikan memori internal smartphone lebih lega), performa lebih kenceng, mudah untuk mengganti bootanimation, boot sound, tema, dll.

Contoh hasil custom ROM untuk Galaxy Mini (CM7): klik di sini dan di sini.

Kalo yang Official ROM mah gak perlu dikasih contoh. Sudah default seperti itulah, seperti yang Anda pegang saat pertama kali beli. hehe… Custom ROM memang biasanya menawarkan program-program atau perubahan-perubahan yang sangat keren2, tapi perlu diingat bahwa ada beberapa bug yang terdapat di sana.

Bagi yang kepengen upgrade / update firmware hp Samsung nya, terutama Galaxy Mini, silahkan untuk mengunjungi situs sammobile.com dan lakukan Register. Kemudian Login untuk melihat-lihat apa saja yang ada di sana. Next, saya akan posting tentang bagaimana caranya flashing / upgrade firmware untuk hp Android Galaxy Mini ini. Ditunggu ya… Thanks!

.

About these ads

12 gagasan untuk “‘SAMMOBILE.COM’ Situs FORUM resmi (official) SAMSUNG

  1. Gan…galaxy mini ane…sehabis saya delete bbrp folder di sd card Dan flashing ulang dari froyo..sampe firmware xxkpd 2.3.4,..lalu ku coba konek wifi, bisa konek tapi sampai pada stuck di obtaining ip addrees d coba browsing gk bisa,..wifi dalam keadaan open,…Dan saya coba lagi upgrade ke cm7 cyanmobile initial A. sampai saja hasilnya stuck di obtaining ip address…padahal sblumnya saya gunakan cm7 cyanmobile initial A. bisa konek Gan!!??…apa pengaruh dr dellete bbrp folder pd sd card gan? dan bagaimana cara mengatasi agar tidak stuck di obtaining ip addrees? tolong pencerahannya ya ….!!!!

  2. gan, kalo mau meng-custom ROM apa harus di flash dulu?
    bisa ngga klo misalkan langsung diinstall di recovey mode?

    • install custom rom g harus flashing dulu…
      Tinggal baca instruksi cara install custom rom nya aja.
      Lihat di persyaratan, kalo masih Froyo / belum Gingerbread berarti harus di flashing dulu ke Gingerbread baru install custom rom.

Kotak Pesan (Komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s