Cara Membuat Barcode (QR Code)


Berikut pengalaman saya sewaktu mencari tahu tentang kegunaan dari software ‘barcode scanner‘ yang ada di Android Apps / Market. Setelah menginstall aplikasi ini, yang pertama kali ada dibenak saya dan yang harus saya coba adalah melakukan scanning pada barcode buku dan produk-produk makanan atau barang lainnya. Kemudian saya coba untuk

scan pada barcode buku: Gagal!

scan pada barcode minuman botol: Gagal!

scan pada barcode makanan ringan: Gagal!

Bingung juga nih, dari nama aplikasinya: barcode scanner, tetapi kok tidak bisa buat scan barcode? Masih penasaran. Untuk itu saya coba browsing dan membuat barcode sendiri.

Caranya mudah:

1. Klik link ini.

2. Pada text area, Text to embed in QR Code: Masukkan nama atau informasi apa saja yang kamu ingin tuliskan pada barcode tersebut.

3. Klik Create QR Code dan terakhir

4. Simpan Image dengan cara klik kanan pada gambar barcode tersebut dan Save Image As… (Browser Mozilla FF.)

Selesai deh.. Ini contoh barcodenya.

Dan ini hasil scanning melalui aplikasi ‘barcode scanner':

Kesimpulan atau sekaligus review aplikasinya untuk model barcode yang bergaris-garis, aplikasi tersebut tidak dapat melakukan proses scanning dan hanya bisa untuk model QR Code.

About these ads

12 thoughts on “Cara Membuat Barcode (QR Code)

  1. Ping-balik: QR barcode « fajrinhanif

  2. tanya mas ya ,,,,,
    Alat untuk scaning yg portable seukuran hp ada gak mas ,,, cuma csning saja gak pakek print ,,, makasih mas sebelumnya …

    • Rata2 app scanning barcode bisanya cuma baca QR code (yang kotak) seperti gambar di atas kalo yg garis kayaknya g bakal bisa, soalnya hardware camera yg krg mumpuni.

    • masukin gambar ke mana? ke dalam barcode?
      Kalo seperti itu g bisa. Coz, emang khusus buat text, kalopun bisa hanya dlm bentuk link.

  3. Ping-balik: Cara Membuat Qr Code Pada Wechat | Wechat, Free Chat, Free voice chat

Kotak Pesan (Komentar)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s